Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Jadwal Aktivitas Harian

Authors

  • TINUK SUPARTI INSTITUT AGAMA ISLAM ULUWIYAH MOJOKERTO Author

Keywords:

Kedisiplinan, Anak Usia Dini , Jadwal Aktivitas Harian

Abstract

Menanamkan pendidikan karakter harus di berikan secara bertahap dan berkelanjutan. Penerapan jadwal aktivitas harian dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kedisiplinan anak. Dengan adanya jadwal yang jelas, anak-anak dapat belajar untuk menghargai waktu, memahami urutan kegiatan, serta mengembangkan rasa tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan memahami fenomena peningkatan kedisiplinan melalui penerapan jadwal aktivitas harian. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan jadwal aktivitas harian dapat meningkatkan kedisiplinan anak. Anak-anak mulai menunjukkan perilaku yang lebih teratur, seperti datang tepat waktu untuk setiap kegiatan, menyelesaikan tugas dengan baik, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar mereka. Selain itu, orang tua melaporkan bahwa anak-anak mereka lebih mampu mengikuti rutinitas di rumah setelah terbiasa dengan jadwal di sekolah

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Melalui Jadwal Aktivitas Harian. (2024). Al Walad : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 8(2), 100-107. https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/walad/article/view/197