Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di RA Ar Rohmah

Authors

  • Venita Eka Sepriyono Author
  • Amala Tirta Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto Author

Keywords:

Implementasi, Proyek , Penguatan , Profil, Pelajar , Pancasila

Abstract

Susunan kurikulum merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mempunyai kegiatan salah satunya yakni Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan P5 bertujuan untuk memperkuat upaya pencapaian profil pelajar Pancasila yang mengacu pada Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila di RA Ar Rohmah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yakni analisis interaktif kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila di RA Ar Rohmah terdapat empat pokok penelitian yakni 1) Perencanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila yang dilaksanakan melalui beberapa tahap mulai dari menentukan tujuan pembelajaran hingga, identifikasi, pelaksanaan, dan evaluasi 2) Pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila dengan menggunakan tahap persiapan, pengenalan nilai – nilai Pancasila, kolaborasi dengan orang tua, dan evaluasi 3) Evaluasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila melalui observasi, foto berseri, penilaian formatif, portofolio, dan refleksi 4) Dimensi karakter dalam implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebhinnekaan global, bergotong royong, dan mandiri.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di RA Ar Rohmah. (2024). Al Walad : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 8(2), 67-76. https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/walad/article/view/195