Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qu'an Dengan Menggunakan Media Kartu Bergambar Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini, RA Addawam Pungging Krisik
Keywords:
Kemampuan Membaca Al-Qur'an, Permainan Kartu Huruf HijaiyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses kemampuan membaca Al Qur’an anak dengan menggunakan permainan kartu huruf hijaiyah di kelompok A di RA Addawam Pungging Krisik.Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini anak-anak RA Addawam Pungging Krisik berjumlah 21 orang anak, yang terdiri dari 14 laki-laki dan 7 perempuan.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, pengambilan data secara kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian siklus I diperoleh hasil yaitu (42 %) kategori lancar, (28%) kategori kurang lancar, dan (28%) kategori belum lancar. siklus II diperoleh hasil yaitu (92%) kategori lancar dan (8%) kategori kurang lancar. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa dengan permainan kartu huruf hijaiyah dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-qur’an anak dan juga meningkatkan kinerja guru.