Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qu'an Dengan Menggunakan Media Kartu Bergambar Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini, RA Addawam Pungging Krisik

Authors

  • Vina Nur Sholikhah Author

Keywords:

Kemampuan Membaca Al-Qur'an, Permainan Kartu Huruf Hijaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses  kemampuan membaca Al Qur’an  anak dengan menggunakan permainan kartu huruf hijaiyah di kelompok A di RA Addawam Pungging Krisik.Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),  subjek dalam penelitian ini anak-anak RA Addawam Pungging Krisik berjumlah 21 orang anak, yang terdiri dari 14 laki-laki  dan 7 perempuan.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, pengambilan data secara kualitatif. Berdasarkan  analisis data penelitian siklus I diperoleh hasil  yaitu (42 %) kategori lancar, (28%) kategori kurang lancar, dan (28%) kategori belum lancar.  siklus II diperoleh hasil yaitu (92%) kategori lancar  dan  (8%) kategori kurang lancar. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa dengan permainan kartu huruf hijaiyah dapat meningkatkan kemampuan membaca Al-qur’an anak dan juga meningkatkan kinerja guru. 

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qu’an Dengan Menggunakan Media Kartu Bergambar Huruf Hijaiyah pada Anak Usia Dini, RA Addawam Pungging Krisik. (2024). Al Walad : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 8(2), 89-99. https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/walad/article/view/194