STRATEGI PENDIDIK RA AR ROHMAH DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN FUN GAMES
Keywords:
strategi, motorik kasar , fun gamesAbstract
Perkembangan fisik merupakan hal yang menjadi dasar bagi kemajuan perkembangan berikutnya. Ketika fisik anak berkembang dengan baik maka anak dapat mengembangkan kemampuan fisiknya sendiri tanpa bantuan orang lain. Pengembangan keterampilan motorik kasar anak sangat perlu diperhatikan untuk mengetahui berbagai kegiatan ataupun aktivitas fisik motorik yang dibutuhkan oleh anak.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, sehingga teknik pengumpulan pada data pada penelitian ini yakni wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi, RA Ar Rohmah menerapkan kegiatan fun games setiap hari di aula sekolah untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar. manfaat yang diperoleh dari permainan fun games adalah fisik anak menjadi kuat, melatih keseimbangan, melatih keterampilan, meningkatkan masa otot anak agar otot anak menjadi lebih kuat dan tidak kaku. Berdasarkan hasil penelitian, permainan fun games ini memiliki manfaat untuk mengembangkan aspek motorik kasar anak usia dini dengan cara yang menyenangkan dan menjadikan anak lebih aktif, disiplin dan bertanggung jawab serta memahami konsep kerjasama dalam sebuah permainan.