Sosialisasi Program Sekolah Progresif, Aplikatif Dan Kolaboratif Sebagai Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar pada RA Mutiara Al-Ikhwan Sidoarjo

Authors

  • Mohammad Ridwan IAI Uluwiyah Mojokerto Author
  • Siti Azizah IAI Uluwiyah Mojokerto Author
  • Aulia Ahmad Alfan IAI Uluwiyah Mojokerto Author
  • Alfi F Nabela IAI Uluwiyah Mojokerto Author

Keywords:

Sosialisasi Program Sekolah Progresif, Aplikatif Dan Kolaboratif Ra Mutiara Al Ikhwan

Abstract

Studi ini meneliti bagaimana sosialisasi program sekolah progresif, aplikatif, dan kolaboratif berdampak pada kegiatan belajar mengajar di RA Mutiara al-Ikhwan Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi signifikan meningkatkan kualitas pembelajaran, seperti yang ditunjukkan oleh metodologi studi kasus kualitatif. Dengan menerapkan pendekatan pembelajaran yang progresif dan aplikatif, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kerja sama dan meningkatkan hubungan yang positif antara guru, siswa, dan orang tua. Sosialisasi juga membantu membangun pemahaman yang lebih baik tentang tujuan program sekolah, mendorong keterlibatan aktif dari semua stakeholder. Hasilnya memungkinkan sekolah, guru, dan orang tua untuk mengembangkan strategi sosialisasi yang berguna untuk meningkatkan kegiatan belajar mengajar di RA Mutiara al-Ikhwan Sidoarjo

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media, 2017.

dkk, Hj Ade Muslimat. Masa Depan Kampus Merdeka & Merdeka Belajar: Sebuah Bunga Rampai Dosen. Bintang Visitama Publisher, 2021.

Fitria, Happy, Muhammad Kristiawan, and Nur Rahmat. “UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS.” ABDIMAS UNWAHAS 4, no. 1 (June 15, 2019). https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690.

Habibu, Prisilia Sandra, Rosita Wondal, and Bujuna Alhadad. “KAJIAN STRATEGI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 2, no. 2 (November 30, 2020): 117–27. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v2i2.2085.

Hasan, Mustaqim, Andi Warisno, Nasruddin Harahap, and Nurul Hidayati Murtafiah. “Implementasi Manajemen Mutu Terpadu Dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Di SMP IT Wahdatul Ummah Kota Metro.” An Naba 5, no. 2 (November 11, 2022): 34–54. https://doi.org/10.51614/annaba.v5i2.156.

Lestari, Ni Gusti Ayu Made Yeni. “PROGRAM PARENTING UNTUK MENUMBUHKAN KESADARAN PENTINGNYA KETERLIBATAN ORANG TUA DI PAUD.” PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 4, no. 1 (August 31, 2019): 8–17. https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1064.

Marifah, Anti. “Peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal bentuk geometri melalui permainan konstruktif pada Kelompok A di TK Hikari.” bachelorThesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2018. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/43552.

Marlina, Leny. “PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.” Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1, no. 2 (December 4, 2017). https://doi.org/10.19109/ra.v1i2.2679.

Prabhawani, Saesti Winahyu. “PELIBATAN ORANG TUA DALAM PROGRAM SEKOLAH DI TK KHALIFAH WIROBRAJAN YOGYAKARTA.” Pendidikan Guru PAUD S-1 5, no. 2 (May 19, 2016): 205–18.

Rusmiati, Elis Teti. “Penanaman Nilai-Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini.” ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 6, no. 2 (July 27, 2023): 248–56. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v6i2.3077.

Santika, Tika. “PERAN KELUARGA, GURU DAN MASYARAKAT DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI.” JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA) 6, no. 2 (November 21, 2018): 77–85. https://doi.org/10.35706/judika.v6i2.1797.

Taib, Bahran, Dewi Mufidatul Ummah, and Yuliyanti Bun. “Analisis Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak.” Jurnal Ilmiah Cahaya Paud 2, no. 2 (2020): 128–37.

Warlizasusi, Jumira, Sumarto Sumarto, Ade wahyu Kurniawan, Affrilia Nafa Sundari, Ana Mawaddah, Babara Susyanto, Budiman Budiman, et al. Analisis kebijakan pendidikan islam. Edited by Emmi Kholilah Harahap. Jl. Pemancar TVRI Tasik Malaya, Curup Utara Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu: Penerbit Buku Literasiologi, 2022. http://repository.iaincurup.ac.id/651/.

Zubaidah, Siti. “Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran,” 2:1–17, 2016.

Downloads

Published

11/30/2023

Issue

Section

Articles

How to Cite

Sosialisasi Program Sekolah Progresif, Aplikatif Dan Kolaboratif Sebagai Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar pada RA Mutiara Al-Ikhwan Sidoarjo. (2023). Ta’awun: Jurnal Pengabdian, 2(2), 101-112. https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/taawun/article/view/81