PENDAMPINGAN KIAT MENJADI PEMBELAJAR BAHASA ARAB YANG KOMPETEN DI SD NEGERI TLOGOREJO LAMONGAN
Keywords:
Pendampingan Pembelajar Bahasa Arab, Bahasa Arab KompetenAbstract
Bahasa Arab sebagai bahasa Agama Islam dan bahasa yang wajib diajarkan di lembaga formal menjadi mata pelajaran yang ditakuti oleh siswa. Mereka menganggap bahasa Arab adalah pelajaran yang paling sulit. Oleh karena itu, perlu adanya pendampingan khusus sehingga dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa terhadap bahasa Arab. Kegiatan pendampingan ini dilakukan di SD Negeri Tlogorejo Lamongan. kegiatan pengabdian masyarakat ini, digunakan metode Participatory Rural Appraisal. Penggunaan metode ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa dengan menggunakan bahasa Arab, melalui pelatihan dan pendampingan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah: (1) trik yang digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap bahasa Arab, yaitu: melakukan permainan bahasa, seperti permainan tebak kata, mengajak siswa bernyanyi dengan bahasa Arab, memberikan pengertian tentang manfaat bahasa Arab, Memberikan pengertian bahwa bahasa Arab tidaklah sulit seperti yang dibayangkan, memberikan pemberian hadiah. (2) Dampak dari pelatihan ini adalah: peningkatan pada minat belajar siswa terhadap bahasa Arab, peningkatan pada pemahaman makna kosakata, peningkatan pada cara siswa menyusun kosakata menjadi kalimat, peningkatan pada cara berkomunikasi siswa dengan siswa lain dengan bahasa Arab, peningkatan pada nada kalimat yang diucapkan yang sesuai dengan maksud dari kalimat yang diungkapkan
Downloads
References
Al-Golayaini, Musthofa. Jami’ Al-Durus Al-’Arabiyah. Lebanon: Dar al-Kutub al
’ilmiyah, 2007.
Ariyanti, Hari, Iain Syaikh, Abdurrahman Siddik, and Bangka Belitung. “Strategi
Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa
Arab Siswa Kelas VII MTs Nurul Muttaqin Simpang Tiga.” Al-Mu’arib:
Jurnal Pendidikan Bahasa Arab I, no. 1 (2021): 45–55.
Hasan, Nur, and Moh Muslim. “Pelatihan Trik Cepat Berkomunikasi Bahasa
Arab Untuk Menciptakan Kampung Santri Di Kawasan Ki Ageng Gribig
Kedungkandang Malang.” DARMABAKTI: Jurnal Pengabdian Dan
Pemberdayaan Masyarakat 4, no. 1 (2023): 89–96.
Ida Latifatul Umroh, Rahmat Yunus. “Kondisi Bahasa Arab Di Lamongan Pasca
Adanya Kebijakan Pemerintah Daerah Tentang Kewajiban Pembelajaran
Bahasa Arab Bagi Peserta Didik.” Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Bahasa Arab 1, no. 2 (2020): 80–104.
Irhamudin. “Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab Untuk Mengembangkan
Keterampilan Berbicara.” Lampung: Taqdir, 2020.
Salim, Latifah, Dosen Fakultas, Humaniora Uin, and Alauddin Makassar.
“Peranan Bahasa Arab Terhadap Ilmu Pengetahuan.” Adabiyah 15 (2015):
168–76.
Shadri, Abdul Rouf. Nilai Pengajaran Bahasa Arab Dan Sejarah
Perkembangannya. Bandung: Bina Cipta, 1980.
Syah, Muhibin. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.