PENDAMPINGAN KIAT MENJADI PEMBELAJAR BAHASA ARAB YANG KOMPETEN DI SD NEGERI TLOGOREJO LAMONGAN

Authors

  • Ida Latifatul Umroh Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan Author
  • Diana Zuschaiya Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan Author
  • Hubbabah Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan Author

Keywords:

Pendampingan Pembelajar Bahasa Arab, Bahasa Arab Kompeten

Abstract

Bahasa Arab sebagai bahasa Agama Islam dan bahasa yang wajib diajarkan di lembaga formal menjadi mata pelajaran yang ditakuti oleh siswa. Mereka menganggap bahasa Arab adalah pelajaran yang paling sulit. Oleh karena itu, perlu adanya pendampingan khusus sehingga dapat meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa terhadap bahasa Arab. Kegiatan pendampingan ini dilakukan di SD Negeri Tlogorejo Lamongan. kegiatan pengabdian masyarakat ini, digunakan metode Participatory Rural Appraisal. Penggunaan metode ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa dengan menggunakan bahasa Arab, melalui pelatihan dan pendampingan. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah: (1) trik yang digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap bahasa Arab, yaitu: melakukan permainan bahasa, seperti permainan tebak kata, mengajak siswa bernyanyi dengan bahasa Arab, memberikan pengertian tentang manfaat bahasa Arab, Memberikan pengertian bahwa bahasa Arab tidaklah sulit seperti yang dibayangkan, memberikan pemberian hadiah. (2) Dampak dari pelatihan ini adalah: peningkatan pada minat belajar siswa terhadap bahasa Arab, peningkatan pada pemahaman makna kosakata, peningkatan pada cara siswa menyusun kosakata menjadi kalimat, peningkatan pada cara berkomunikasi siswa dengan siswa lain dengan bahasa Arab, peningkatan pada nada kalimat yang diucapkan yang sesuai dengan maksud dari kalimat yang diungkapkan 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Golayaini, Musthofa. Jami’ Al-Durus Al-’Arabiyah. Lebanon: Dar al-Kutub al

’ilmiyah, 2007.

Ariyanti, Hari, Iain Syaikh, Abdurrahman Siddik, and Bangka Belitung. “Strategi

Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Minat Belajar Bahasa

Arab Siswa Kelas VII MTs Nurul Muttaqin Simpang Tiga.” Al-Mu’arib:

Jurnal Pendidikan Bahasa Arab I, no. 1 (2021): 45–55.

Hasan, Nur, and Moh Muslim. “Pelatihan Trik Cepat Berkomunikasi Bahasa

Arab Untuk Menciptakan Kampung Santri Di Kawasan Ki Ageng Gribig

Kedungkandang Malang.” DARMABAKTI: Jurnal Pengabdian Dan

Pemberdayaan Masyarakat 4, no. 1 (2023): 89–96.

Ida Latifatul Umroh, Rahmat Yunus. “Kondisi Bahasa Arab Di Lamongan Pasca

Adanya Kebijakan Pemerintah Daerah Tentang Kewajiban Pembelajaran

Bahasa Arab Bagi Peserta Didik.” Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan

Bahasa Arab 1, no. 2 (2020): 80–104.

Irhamudin. “Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab Untuk Mengembangkan

Keterampilan Berbicara.” Lampung: Taqdir, 2020.

Salim, Latifah, Dosen Fakultas, Humaniora Uin, and Alauddin Makassar.

“Peranan Bahasa Arab Terhadap Ilmu Pengetahuan.” Adabiyah 15 (2015):

168–76.

Shadri, Abdul Rouf. Nilai Pengajaran Bahasa Arab Dan Sejarah

Perkembangannya. Bandung: Bina Cipta, 1980.

Syah, Muhibin. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.

Downloads

Published

11/30/2023

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENDAMPINGAN KIAT MENJADI PEMBELAJAR BAHASA ARAB YANG KOMPETEN DI SD NEGERI TLOGOREJO LAMONGAN. (2023). Ta’awun: Jurnal Pengabdian, 2(2), 79-89. https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/taawun/article/view/79