PENDAMPINGAN MODERASI BERAGAMA DI MAJELIS TAKLIM NURUL HIKMAH KLUDAN TANGGULANGIN SIDOARJO

Authors

  • Siti Kholidatur Rodiyah Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Yuliastutik Yuliastutik Universitas Sunan Giri Surabaya Author
  • Sholehuddin Sulaiman Universitas Sunan Giri Surabaya Author

Keywords:

Moderasi Beragama, Kerukunan, Majelis Taklim

Abstract

Moderasi beragama merupakan konsep penting dalam menjaga harmoni di tengah keberagaman masyarakat Indonesia yang multikultural. Sebaai pusat pendidikan keagamaan nonformal, majelis taklim memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama melalui pembelajaran dan pembinaan, penelitian ini berfokus pada Majelis Taklim Nurul Hikmah, yang telah mengimplementasikan berbagai program untuk memperkuat sikap moderat di kalangan jamaahnya. Dengan metode pengabdian masyarakat ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) yakni dimulai dengan tahapan survey ke lapangan, mengidentifikasi permasalahan di lapangan, membuat perencanaan kegiatan, melaksanakan kegiatan dan diakhiri dengan melakukan evaluasi dan monitoring. Hasil kegitan pengabdian ini menganalisis program-program pendukung nilai moderasi, peran pengurus dan ustadz/ustazah, serta hambatan dan solusi dalam pelaksanaannya. Hasil temuan menunjukkan bahwa kegiat seperti kajian keagamaan, aksi sosial, dan pelatihan keterampilan yang inklusif berhasil meningkatkan pemahaman jamaah mengenai toleransi dan menghargai perbedaan. Meski menghadapi hambatan, seperti perbedaan pendapat internal dan dampak paham ektremisme, upaya dialog atarjamaah dan kolaborasi dengan tokoh masyarakat menjadi pendekatan yang efektif.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, M. (2017). Peran Majelis Taklim terhadap Pembentukan Kesalehan Popular. JOIES (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 234-247. https://doi.org/10.15642/joies.2017.2.2.234-247

Aflisia, N., Hendriyanto, H., & Suhartini, A. (2022). Arabic Language Development in Boarding Schools at the Industry Era 4.0: Potentials and Challenges. Alsuna: Journal of Arabic and English Language, 5(1), 45-61. https://doi.org/10.31538/alsuna.v5i1.2040

Arif, S. (2020). Moderasi Beragama Dalam Diskursus Negara Islam: Pemikiran KH Abdurrahman Wahid. Jurnal Bimas Islam, 13(1), 73–104. https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.189

Asalina, A., Rohmawati, I. N., Farihah, I., Wahyuningrum, M. S., Izzah, N. N., & Sa'adah, L. (2023). Kelas Moderasi: Santun Terhadap Antarumat dan Lingkungan Melalui Moderasi Beragama di Sekolah Tingkat Dasar. Gusjigang Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 7-17.

Azis, Abdul., & Anam, Khoirul. (2021). Moderasi Beragama Berlandaskan Nilai-Nilai Islam. Kemenag. Go. Id. 131.

Barton, K. C. (2015). Elicitation techniques: Getting people to talk about ideas they don’t usually talk about. Theory & Research in Social Education, 43(2), 179-205. https://doi.org/10.1080/00933104.2015.1034392

Christie, M., Martín-López, B., Church, A., Siwicka, E., Szymonczyk, P., & Mena Sauterel, J. (2019). Understanding the diversity of values of “Nature’s contributions to people”: insights from the IPBES Assessment of Europe and Central Asia. Sustainability Science, 14, 1267-1282. https://doi.org/10.1007/s11625-019-00716-6

Dawing, D. (2018). Mengusung Moderasi Islam Di Tengah Masyarakat Multikultular. Rausyan Fikr:Jurnal Studi Ilmu Ushuluddin Dan Filsafat, 13(2), 225-55. https://doi.org/10.24239/rsy.v13i2.266

Dirani, K. M., Abadi, M., Alizadeh, A., Barhate, B., Garza, R. C., Gunasekara, N., Ibrahim, G., & Majzun, Z. (2020). Leadership competencies and the essential role of human resource development in times of crisis: a response to Covid-19 pandemic. Human Resource Development International, 23(4), 380-394. https://doi.org/10.1080/13678868.2020.1780078

Fadli, M. (2023). Majelis Ta'lim: A Model of Non-Formal Islamic Education and Development (A Phenomenological Study of its Role, Opportunities and Challenges in the Modern Era). At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Kebudayaan, 10(2), 250-263. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v10i2.6997

Fales, S. (2022). Moderasi beragama: Wacana dan implementasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Jurnal Manthiq, 7(2), 221-229.

Haryani, F. Y., Hidayatullah, M. F., Yusuf, M., & Asrowi, A. (2019). Problem-based learning for teaching Fiqh: An overview of its impact on critical thinking skill. AIP Conference Proceedings, 2194(1). https://doi.org/10.1063/1.5139770

Heist, D., & Cnaan, R. A. (2016). Faith-based international development work: A review. Religions, 7(3), 19. https://doi.org/10.3390/rel7030019

Hilal, F. F. (2023). Transformasi Gerakan Radikalisme Menuju Moderasi Beragama. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 16(1), 77-90.

Mansir, F., Tumin, T., & Purnomo, H. (2020). Role Playing Learning Method in The Subject of Aqidah Akhlak at Madrasa. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 191-201. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i2.675

Maryani, A. H., & Wulandari, D. A. (2022). Penyusunan Materi Kegiatan Pengajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat Di Majlis Taklim Nurul Yaqin Di Desa Cibening. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma, 2(3), 209–223. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v2i3.1948

Masitoh, D., Ramadhani, S. A., & Sari, F. (2023). Penguatan Peran Perempuan dalam Penanaman Nilai-nilai Moderasi Beragama pada Keluarga di Majelis Taklim Desa Negeri Ulangan, Kabupaten Pesawaran. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 41-50.

Mo’tasim, M. (2023). Moderasi Beragama Sebagai Materi Bimbingan Dan Konseling Dalam Proses Pendidikan Agama Islam. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 363–368. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i2.16

Munawaroh, M., & Zaman, B. (2020). Peran Majelis Taklim Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Masyarakat. Jurnal Penelitian, 14(2), 369. https://doi.org/10.21043/jp.v14i2.7836

Qonitah, N., Humaidi, A., & Munifah, M. (2022). Kaderisasi Ulama Melalui Sistem Pembelajaran Pada Madrasah Aliyah Program Keagamaan (MAPK) MAN 4 Jombang. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 20(2), 201–215. https://doi.org/10.32729/edukasi.v20i2.1151

Rofiqi, M. A., & Rahim, R. A. A. (2023). Pencegahan Konflik Dan Upaya Membangun Perdamaian. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 3(1), 181–186. https://doi.org/10.15575/jis.v3i1.24407

Rohman, R., Kasman, K., & Mukhlis, M. (2021). Sistem Dalian Na Tolu Sebagai Pendekatan Moderasi Beragama Umat Muslim-Kristen Di Huta Padang Mandailing Natal. Sangkép Jurnal Kajian Sosial Keagamaan, 4(2), 165–184. https://doi.org/10.20414/sangkep.v4i2.4339

Saepudin, J. (2023). Optimalisasi Peran Majelis Taklim Dalam Mebumikan Moderasi Beragama. J.of Religious Policy, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.31330/repo.v1i1.5

Saridudin, S., & Ta’rif, T. (2022). Penguatan pendidikan karakter professional-religius pada jamaah majelis taklim shirotol mustaqim semarang. Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 19(3), 317–332. https://doi.org/10.32729/edukasi.v19i3.1002

Saumantri, T. (2022). Konstruksi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Perspektif Filsafat Agama. Substantia Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 24(2), 164. https://doi.org/10.22373/substantia.v24i2.14854

Setiawati, N. (2020). The Challenge of Demand in Poor Community In Mariso District, Makassar City. Journal of Research and Multidisciplinary (JRM), 3(1), 233-248. https://doi.org/10.5281/jrm.v3i1.29

Sukirman, S., Firman, F., & Ilham, D. (2021). The Role of the Taklim Council in the Development of Islamic Education. Journal of Indonesian Islamic Studies, 1(1), 9-27.

Suprapto, S., Rahmawati, E., Sumardjoko, B., & Waston, W. (2022). Peran Pesantren Dalam Moderasi Beragama Di Asrama Pelajar Islam Tealrejo Magelang Jawa Tengah Indonesia. Iseedu: Journal of Islamic Educational Thoughts and Practices, 6(1), 48-68.

Suryadi, S., Kamil, M., Saepudin, A., Saripah, I., , N., & Rahman, A. (2023). Role of the Nurul Hidayah Integrated Taklim Council in Meeting the Religious Learning Needs of the Elderly in Cirebon Regency. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i12.6417

Swanson, R. A. (2022). Foundations of human resource development. Berrett-Koehler Publishers.

Tanjung, A. S. (2022). Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah. Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 1(1), 1-12.

Thomas Massaro, S. J., & Massaro, T. (2023). Living justice: Catholic social teaching in action. Rowman & Littlefield.

Widiandari, F. (2022). Analisis peranan lembaga pendidikan islam nonformal (majelis taklim) di indonesia. An-Nahdlah Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 124–135. https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v2i2.42

Zakirman, Z., Lufri, L., & Khairani, K. (2019). Factors influencing the use of lecture methods in learning activities: teacher perspective. In 1st International Conference on Innovation in Education (ICoIE 2018) (pp. 4-6). https://doi.org/10.2991/icoie-18.2019.2

Zuhri. (2019). Majelis Ta ’lim sebagai Model Pendidikan Non Formal Islam. AL USWAH: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(1), 23–38. https://doi.org/10.24014/au.v2i1.6740

Downloads

Published

11/30/2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

PENDAMPINGAN MODERASI BERAGAMA DI MAJELIS TAKLIM NURUL HIKMAH KLUDAN TANGGULANGIN SIDOARJO. (2024). Ta’awun: Jurnal Pengabdian, 3(2), 89-100. https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/taawun/article/view/219