Pendampingan Anak PAUD dalam Menumbuhkan Semangat Gotong Royong Melalui Kegiatan P5 Menanam Bunga
Keywords:
Karakter, P5, Gotong RoyongAbstract
Artikel ini membahas kegiatan menanam dalam menumbuhkan semangat gotong royong melalui kegiatan P5 di Pos PAUD Sri Lestari Desa Beloh Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto. Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Usia golden Age merupakan masa kritis bagi pembentukan karakter seseorang. Berdasarkan observasi yang didapat dari kegiatan yang ada di lembaga Pos PAUD, maka dari itu untuk menunjang kegiatan P5 perlu adanya kegiatan menanam bunga sebagai aksi nyata anak PAUD. Tujuan pengabdian ini adalah untuk membentuk karakter gotong royong anak usia dini. Kegiatan menanam bunga ini dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 27 Februari 2024 bertempat di halaman Balai Desa Beloh, dilaksanakan langsung oleh anak-anak PAUD. Metode yang digunakan adalah metode ABCD (Asset Based Community Development). Hasil pengabdian Masyarakat ini adalah tumbuhnya rasa gotong royong dan kebersamaan anak, refleksi kegiatan melalui kegiatan rutin menyiram, implikasi kegiatan menanam yaitu adanya jadwal keberlanjutan menanam bunga dan menyiram secara rutin.
Downloads
References
Dahliyana, Asep. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Esktrakurikuler Di Sekolah.” Jurnal Sosioreligi 15, no. 1 (2017): 54–64.
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini, 2009.
Fitriah, Nurul, Elfarisna Elfarisna, Dessy Iriani Putri, Sukrianto Sukrianto, Naswandi Nur, Puspita Dini Kurnia Vitasari, and Dini Kismawati. “Pengenalan Aktivitas Berkebun Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif (Pengenalan Sains) Pada Anak.” Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ 1, no. 1 (2021): 1–6. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10677.
Herawati. “Memahami Proses Belajar Anak.” Jurnal UIN Ar-Raniry Banda Aceh 4, no. 1 (2018): 27–48. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/4515.
Ibrahima, Aissetu Barry. Asset Based Community Development (ABCD). Transforming Society, 2018.
Kemendikbudristek. “Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.” Kemendikbudristek (2022): 1–37.
Maryani, Anis Tatik, and Nyimas Myrna Elsa Fathia. “Pengenalan Dan Penanaman Tanaman Sayur-Sayuran Pada TK Pertiwi XI Kecamatan Pelayanagan Kota Jambi.” Osf Preprint (2018): 1–3.
MKM, Laily, Ali Usman, and Nurul Hidayati. “Penanaman Karakter Gotong Royong Melalui Tema Kewirausahaan Dan Kearifan Lokal Pada P5 Kurikulum Merdeka.” Jurnal Teknologi Pendidikan 1, no. 3 (2024): 10.
Pusmendik. “Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin.” Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2021): 1–108.
Rohmah, Umi. “Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD).” Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak 4, no. 1 (2018): 85–102.
Sujiono, D Y N. “Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.” ecampus-fip.umj.ac.id, 2019. https://ecampus-fip.umj.ac.id/repo/handle/123456789/6027.