PENDAMPINGAN GURU MADRASAH DALAM MEMBANGUN LITERASI DIGITAL UNTUK PEMBELAJARAN
Keywords:
Literasi Digital, Guru, MadrasahAbstract
Penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran dapat memberikan banyak manfaat bagi guru dan siswa. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan familiaritas guru madrasah dengan teknologi digital agar mereka dapat memanfaatkannya dengan maksimal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di madrasah. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan literasi digital guru Madrasah Ibtidaiyah Naba'ul Ulum Wonosari Ngoro Mojokerto agar mereka dapat memanfaatkan teknologi digital secara efektif dan bertanggung jawab dalam pembelajaran. Kegiatan ini menggunakan pendekatan partisipati dengan melibatkan guru-guru dalam semua tahapan program, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan pembelajaran berbasis praktik. Tim juga melakukan pendampingan yang berkelanjutan. Hasil kegiatan: Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan literasi digital guru, meningkatnya penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran, meningkatnya kualitas pembelajaran, Meningkatnya motivasi dan kepercayaan diri guru, meningkatnya kerjasama dan kolaborasi.
Downloads
References
Abdul Fattah Nasution, T. M. (2024). Strategi Pengembangan Keterampilan Berbasis Teknologi dalam Pelatihan Guru. https://doi.org/10.5281/ZENODO.11398310
Hasanah, U., & Sukri, M. (2023). Implementasi Literasi Digital Dalam Pendidikan Islam: Tantangan dan Solusi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 11(2), 177–188.
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(1), 10–15.
Kusumawati, H., Wachidah, L. R., & Cindi, D. T. (2022). Dampak Literasi Digital Terhadap Peningkatan Keprofesionalan Guru dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 3(1). https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/20172
Mambu, J. G., Pitra, D. H., Ilmi, A. R. M., Nugroho, W., Leuwol, N. V., & Saputra, A. M. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligence (AI) Dalam Menghadapi Tantangan Mengajar Guru di Era Digital. Journal on Education, 6(1), 2689–2698.
Rahayu, I. T., Pramuswari, M. F., Santya, M., Oktariani, R., & Fatimah, S. (2023). Analisis Hasil Pengaruh Perkembangan Iptek Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd/Mi. Hypothesis: Multidisciplinary Journal Of Social Sciences, 2(01 Juni), 97–110.
Sakti, A. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik, 2(2), 212–219.
Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2). https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096
Yusuf, M., Saifudin, A., & Zahrok, A. N. (2022). Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kemampuan literasi digital guru pada masa pandemi covid-19. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 80–96.