Pendampingan Pelatihan Menulis Kaligrafi Di Panti Tarbiyatul Aitam Mojosari Mojokerto
Keywords:
Training, Writing, CalligraphyAbstract
Artikel ini membahas manfaat, tantangan dan peluang kegiatan pendampingan pelatihan menulis kaligrafi di Panti Tarbiyatul Aitam Mojosari Mojokerto terhadap peningkatan keterampilan dan pengembangan kreativitas anak-anak di panti tersebut. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendampingi anak-anak Panti Tarbiyatul Aitam untuk kegiatan pelatihan menulis kaligrafi di. Subtujuan meliputi peningkatan keterampilan menulis kaligrafi, perkembangan kreativitas, dan perubahan sikap terhadap seni kaligrafi. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan menulis kaligrafi pada anak-anak Panti Asuhan Tarbiyatul Aitam yang mengikuti pelatihan, bersama dengan peningkatan kreativitas dan apresiasi seni.
Downloads
References
Abd Aziz Ahmad, Baso Indra, Wijaya Aziz, and Sri Riski Wulandari. 2023. “Pelatihan Pembuatan Kaligrafi Aksara Lontara Sebagai Hiasan Dinding Di Desa Bonde Utara Kecamatan Pamboang,” no. November: 643–47.
Arifin, H. (2017). "Dampak Ekonomi Keluarga terhadap Pendidikan Anak Yatim Piatu di Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat." Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 2 (11)
Davis, M. (2016). Drawing and Painting Beautiful Letters: A Modern Approach to Hand Lettering. Potter/Ten Speed/Harmony/Rodale
Efland, A. D. (2002). Art and Cognition: Integrating the Visual Arts in the Curriculum. Teachers College Press.
Gardner, H. (1993). Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. Basic Books.
Guilford, J. P. (1950). "Creativity." American Psychologist, 5(9), 444-454.
Gude, O. (2013). Postmodern Principles: In Search of a 21st Century Art Education. National Art Education Association.
Hanna, J. L. (2014). Learning to Teach Art and Design in the Secondary School: A Companion to School Experience. Routledge
Husaini, A. (2016). "Pengaruh Bimbingan Kelompok terhadap Penurunan Gejala Stres Psikologis pada Remaja Yatim Piatu." Jurnal Psikologi Integratif, 4 (1)
Kurniawan, D. (2021). "Pemberdayaan Masyarakat dalam Penanganan Anak Yatim Piatu melalui Pendidikan Karakter." Jurnal Konseling dan Pendidikan, 9 (1)
Lukitoyo, Pristi Suhendro, Elvida Liani Nasution2, Indah Sarini3, and Pratama Imanda Putra. 2019. “PKM- Pengabdian Kepada Masyarakat: Kaligrafi Sabut Kelapa.” International Journal of Community Service Learning 3 (2): 48. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i2.17811.
Mawaddah, L. (2020). "Stigmatisasi Sosial terhadap Anak Yatim Piatu di Desa Kepanjen Kidul Kabupaten Malang." Jurnal Psikologi, 47 (2)
Nasution, R. A. (2018). "Pengaruh Kematian Orangtua terhadap Kesejahteraan Psikologis Anak Yatim Piatu." Jurnal Psikologi, 45 (1)
Nugroho, A. (2019). "Pola Asuh dan Kondisi Ekonomi sebagai Prediktor Kesejahteraan Psikologis Anak Yatim Piatu." Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 5 (1)
Sakila, Elfirza Nurul, Firliandini Khamila Haris, Umdah, and Nanda Sahputa Umara. 2022. “Pelatihan Keterampilan Kaligrafi Di Panti Asuhan Wisma Karya Bakti Yayasan Oto Iskandar Dinata.” Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ; Jakarta, 1–6.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press
Wahyuni, Dwi & Diah Dinaloni. 2019. “Pelatihan Pembuatan Kaliserayu Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha Remaja Desa Catak Gayam Jombang.” J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) 3 (2): 58–66. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987.
Widodo, A. (2018). "Pengembangan Model Pendidikan Karakter untuk Anak Yatim Piatu di Lembaga Pendidikan." Jurnal Pendidikan Karakter, 8 (1)
Wulandari, Kartika, Khusnul Khotimah, Nur Khafidhoh, Muhyiddin Zainul Arifin, Hikmat Gumelar, and Muhamad Masyhuri Malik. 2022. “Pelatihan Seni Kaligrafi Islam Dalam Meningkatkan Kreatifitas Santri PPAI Tanwirul Qulub Di Desa Ngijo Kecamatan Karangploso.” Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat 3 (3): 149–52. https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v3i3.3381.