Upaya Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Menggunakan Daun Kering Di TK Kuncup Bunga Kelompok A Desa Sumberjati Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Khoirul Jazilah Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto, Indonesia Author
  • Umi Susanti Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto, Indonesia Author

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di perlukan kegiatan pembelajaran yang 
kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) meningkatkan kemampuan fisik 
motoric halus melalui kegiatan kolase menggunakan daun kering di TK kuncup 
Bungana kelompok A Tahun 2022. (2) meningkatkan minat belajar siswa dalam 
pembelajaran fisik motoric halus menggunakan daun kering. (3) melatih kelenturan 
gerak jari jemari dan pergelangan tangan, agar dapat mendukung proses 
pengembangan kemandirian anak sejak kecil. Penelitian ini ersifat kolaboratif 
antara peneliti, kepala sekolah dan guru kelas. Teknik pengumpulan data 
menggunakan metode observasi, hasil karya anak. Observasi dilakukan antara 
kepala sekolah dan peneliti untuk menyamakan pemahaman suatu informasi dan 
data yang diperoleh. Penelitian tinakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. 
Prosedur dalam penelitian terdapat 4 tahab yaitu perencanaan, pelaksanaan, 
pengamatan, refleksi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) guru telah 
melaksanakan pengembangan fisik motoric halus sesuai dengan tingkat pencapaian 
perkembangan; (2) kegiatan kolase menggunakan daun kering mampu 
meningkatkan keaktifan, kesabaran, ketelitian, antusian dan suasana belajar yang 
kondusif; (3) kegiatan kolase daun kering cukup efektif untuk meningkatkan 
kemampuan fisik motoric halus.  

Downloads

Published

2024-10-17

Issue

Section

Articles

How to Cite

Upaya Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Menggunakan Daun Kering Di TK Kuncup Bunga Kelompok A Desa Sumberjati Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2021/2022. (2024). Amaliyatu Tadris, 1(1), 30-42. https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/amyta/article/view/74