MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN AL-QUR’AN DENGAN METODE TALAQQI DAN TARTIL DI ASRAMA TANWIRUL QULUB DESA BANGSAL KECAMATAN BANGSAL KABUPATEN MOJOKERTO
Keywords:
Metode Talaqqi, Tartil, Kualitas HafalanAbstract
Penerapan metode Talaqqi dan Tartil bertujuan agar santri memiliki metode khusus dalam menghafalkan Al-Qur’an sehingga dapat meningkatkan kualitas hafalan dengan berdasarkan hukum kaidah tajwid. Serta mampu melafalkan hafalan Al-Qur’an dengan perlahan atau tartil. Sehingga tidak membuat bacaan Al-Qur’an berantakan dan tergesa-gesa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kualitas hafalan Al-Qur’an sebelum dilakukan penerapan metode Talaqqi dan Tartil. 2) kualitas hafalan Al-Qur’an sesudah dilakukan penerapan metode Talaqqi dan Tartil 3) mengetahui tingkat efektivitas metode Talaqqi dan Tartil dalam meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an santri tahfidz di Asrama Tanwirul Qulub Desa Bangsal Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian tindakan yang dilakukan di kelas dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya.
Berdasarkan hasil rekapan nilai setoran hafalan yang dilakukan oleh santri pada siklus I menunjukkan persentase peningkatan kualitas hafalan yang pada sebelum diterapkan metode Talaqqi dan Tartil tidak sampai 50% dari jumlah santri tahfidz yakni 38 santri yang tuntas memenuhi nilai minimum kriteria hafalan berkualitas, sedangkan hasil tes di siklus I menunjukkan peningkatan dengan presentase ketuntasan kualitas hafalan di angka 63,15% dari jumlah santri yakni 24 santri tuntas memenuhi kriteria hafalan berkualitas, lalu dilanjut dengan hasil tes di siklus II yang menunjukkan peningkatan sejumlah 79% dari sejumlah 30 santri tuntas memenuhi nilai minimum kriteria hafalan berkualitas.
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan: 1) ustadzah asrama mempertimbangkan untuk melanjutkan metode talaqqi dan tartil untuk meningkatkan kualitas hafalan santri tahfidz di Asrama Tanwirul Qulub dengan memanfaatkan waktu yang semaksimal mungkin, dikarenakan metode talaqqi dan tartil dalam pelaksanaannya membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dari pembelajaran yang biasa diterapkan selama ini..
References
Dakwah.id, 2022, hadist keutamaan menghafal Al-Qur’an; (https://www.dakwah.id/hadits-keutamaan-menghafal-al-quran/
Muhammad Amin Suma,2014,Ulumul Qur’an,Jakarta,Rajawali Pers ,h. 20-21
Pusat Dakwah Al-Qur’an,“Pengertian Talaqqi,” Blog Pusat Dakwah Al-Qur‟an.
http://www.pusat-dakwah-alquran.com/talaqqi/pengertian.html. (diakses 4 Februari 2023)
TafsirQ.com, 2015; Surah Al-Muzzammil, dalam (https://tafsirq.com/73-al-muzzammil)
Rochiati Wiraatmadja. Model Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Wahidmurni dan Nur Ali.Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama dan
Umum dari Teori Menuju Praktik Disertai Contoh Hasil Penelitian, Malang : UM press, 2008.