Pengaruh Pola Interaksi Guru PAI dan Kegiatan Pembiasaan Terhadap Karakter Religius Peserta Didik Di SMP YPM 6 Tarik Sidoarjo
Keywords:
pola interaksi, kegiatan pembiasaan, karakter religiusAbstract
Tujuan yang ingin dicapai oleh penulis dalam penelitian ini adalah ingin menganalisis; 1) ada tidak pengaruh pola interaksi guru PAI terhadap karakter religius peserta didik di SMP YPM 6 Tarik Sidoarjo. 2) ada tidak pengaruh kegiatan pembiasaan terhadap karakter religius peserta didik di SMP YPM 6 Tarik Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Variabel yang diteliti yaitu 2 variabel bebas yaitu X1 (pola interaksi guru PAI) dan X2 (kegiatan pembiasaan) serta 1 variabel terikat (karakter religius). Data penelitian adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data ada dua yaitu analisa data statistik sederhana berupa prosentase atau analisis statistik product moment dan menggunakan regresi linier. Dari hasil analisa data diketahui bahwa; 1) ada pengaruh pola interaksi guru PAI terhadap karakter religius peserta didik di SMP YPM 6 Tarik Sidoarjo, sebab thitung > ttabel (4,871 > 1,668) dan pola interaksi guru PAI berpengaruh terhadap karakter religius, dengan kontribusi sebesar 26.7%. 2) ada pengaruh kegiatan pembiasaan terhadap karakter religius peserta didik di SMP YPM 6 Tarik Sidoarjo, sebab thitung > ttabel (7.064 > 1,668) dan pembiasaan kegiatan keagamaan berpengaruh terhadap karakter religius dengan kontribusi sebesar 43.4%.
References
Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Asmani, Jamal Ma’mur, 2013, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Jogjakarta: DIVA Press.
Azwar. Saifuddin, 2013, Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Gunawan, Ary H., 2010, Sosiologi Pendidikan Suatu Analisis Sosiologi tentang Berbagai Problem Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.
Vern dan Louise Jones, 2012, Manajemen Kelas Komprehensif, Jakarta: Kencana.
Purwanto, M Ngalim, 2004, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sulistyowati, Endah, 2012, Implmentasi Kurikulum Pendidikan Krakter. Yogyakarta: PT Citra Aji Parama.
Sugiyono dan Eri Wibowo, 2004. Statistika Untuk Pemelitian dan Aplikasinya SPSS 10.0 For Windows, Bandung,: Alfa Beta.
Dimyati, dan Mudjiono, 2015, Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan & Rienka Cipta.
Sugiyono, 2004. Metode Administrasi, Bandung: Alfa Beta.
Sutrisno Hadi, 1991. Metodelogi Reseach Jilid II, Yogyakarta: Andi Offset.