Eksperimen Sains Untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini
Keywords:
Eksperimen, Sains , Perkembangan, Motorik Halus , Anak Usia DiniAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keaktifan anak-anak usia dini, dimana anak-anak usia dini senang dalam melakukan aktifitas yang dimana mereka merasakan, melakukan, mengamati, dan senang saat apa yang dilakukan itu berhasil atau sesuai apa yang dicontohkan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mewadahi keaktifan anak-anak usia dini dalam berkegiatan dan meningkatkan perkembangan motorik halus anak. Metode yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian studi kasus dengan pendektan kulitatif, penelitian ini dilakukan di sekolah KB/TK Mutiara Bunda Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo, dengan responden guru kelas A, pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi dan wawancara, pengambilan sampel dengan kriteria tertentu. Analisi data yang digunakan dalam penelitian ini dalam bentuk deskripsi dengan dioleh menggunakan reduksi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media eksperiman sains khususnya penanaman benih kacang hijau pada media kapas di KB/TK Mutiara Bunda Kelompok A menunjukkan bahwa anak-anak semakin lebih sabar, teliti, menghargai orang lain, tekun dan lain sebagianya yang hasilnya sangat positif bagi perkembangan motorik halus anak
References
Khadijah, & Amalia, N. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Teori dan Praktik.
Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No. 137 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Putri. (2019). Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini. Safira, (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini.
Sari, Y. (2012) penigkatan Kemampuan Sains Anak Usia Dini Melalui Metode Demostrasi di Taman Kanak-Kanak Tri Bina Payakumbuh, Jurnal Pesona Paud. Vol:01 No:1
Sarwono, J. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta Graha Ilmu. Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Sukiman (2017). Membantu Anak Percaya Diri. Seri Pendidikan Orang Tua: Membantu Anak Percaya Diri, 2-24.
Syahrum & Salim. (2014). Metedologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Ciptapustaka Media.