UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI MEDIA CANVA FOR EDUCATION SISWA KELAS VI MI BUSTANUL ULUM BADAS TAHUN 2023/2024

Authors

  • Nunuk Kristianah Universitas Darul 'Ulum Jombang Author
  • Fathur Rofii Universitas Darul 'Ulum Jombang Author
  • Abdul Natsir Universitas Darul 'Ulum Jombang Author

Keywords:

prestasi belajar, media canva for Education

Abstract

Pendidikan menuntut adanya  keterkaitan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Jadi, guru dituntut mampu menerapkan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang harus dikuasai siswa, serta mampu menumbuhkan kreatiVItas siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Penelitian berupaya mendapatkan gambaran yang jelas tentang penggunaan media Canva For Education dalam pembelajaran Sejarah kebudayaan islam kelas VI MI Bustanul Ulum Badas.

Tujuan penelitian ini ntuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam menggunakan media  Canva For Education di  MI Bustanul Ulum Badas dan Untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan media Canva For Education di  kelas VI MI Bustanul Ulum Badas

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik Penelitian Tindakan kelas dengan Penyusunan perencanaan.  Pelaksanaan tindakan,  Observasi (pengamatan),  Refleksi dan  menerapkan media Canva For Education dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan prestasi peserta didik.

Hasil dari penelitian ini yaitu Media Canva For Education memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (55,00%), siklus II (70,00%), siklus III (90,00%).  Media Canva For Education dapat menjadikan siswa merasa lebih mudah memahami pembelajaran.terbukti dengan peningkatan di bidang (a) bekerja dengan sesama teman sebangku yaitu (22,1%) dan mendengarkan/ memperhatikan penjelasan guru (20,8%), dan diskusi antar siswa/antara siswa dengan guru (15,0%).

References

Amrina dkk. “Pemanfaatan Aplikasi Canva dalam Proses Pembelajaran Bahasa Arab di MAN Gunung Padang Panjang.” Tarbiyatuna : Jurnal Pendidikan Ilmiah Vol. 6, no. No. 2 (2021): hlm. 107.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Ed. Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

———. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Ed. Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Cet. 18. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

B., Suryobroto. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Cet I. Jakarta: Rineka Cipta, t.t.

B. Uno, Hamzah, dan Mohamad. Hamzah B Uno & Nurdin Mohamad, Belajar dengan Pendekatan PAIKEM, (Jakarta; Bumi Aksara; 2013), hlm. 206., t.t.

Darmadi. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Sleman: Deepublish, 2017.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. 3. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Dimyati, dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Hamalik, Oemar. Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Perkasa, 2005.

Nyayu, Khadijah. Psikologi Pendidikan. Ed. 1. cet. 1. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Priansa Doni Juni. Pengembangan Startegi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2019.

Ratnaningtyas dkk. Metodologi Penelitian Kualitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2023.

Rosyid. Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara, 2020.

Rusman, Rusman. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2012.

Sanjaya, Wina. Media Komunikasi Pembelajaran. cet. II. Jakarta: Kencana, 2014.

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Cet. 10. Depok: PT Raja Grafindo Persada, 2003.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sudjana, Nana. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru, 1996.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2013), hlm. 203. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sundayana, dan Rostina. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta, 2015.

Suryabrata, dan Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2001.

Syah, Muhibbin. “Analisis Faktorfaktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Suatu Kasus di kelas X SMA Negeri 19 BandungTahun Ajaran2007/2008).” 2008, t.t., 135.

———. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Downloads

Published

2024-10-24

Issue

Section

Articles

How to Cite

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI MEDIA CANVA FOR EDUCATION SISWA KELAS VI MI BUSTANUL ULUM BADAS TAHUN 2023/2024. (2024). Amaliyatu Tadris, 3(1), 1-13. https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/amyta/article/view/112