PENDAMPINGAN KETERAMPILAN BACA AL-QUR’ANBAGI SISWA SMP NEGERI 42 SURABAYA: UPAYA MENINGKATKAN KECINTAAN PADA AL QUR’AN DI KELUARAHAN ASEMROWO SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.47759/2k7v1041Keywords:
Pendampiongan, Keterampilan Membaca, Cinta Al QuranAbstract
Al-Qur’an merupakan firman Allah sebagai pedoman hidup bagi umat Islam. Mempelajari al-Qur’an salah satu ibadah yang mulia kepada Allah. Namun di masa modern ini masih banyak siswa SMP yang belum bisa terampil membaca al-Qur’an dengan baik sesuai dengan kaidah tajwid, ghorib, serta memahami, dan mencintainnya. Padahal membaca, mempelajari dan memahami memiliki memfaat dan keistimewaan yang mulia dibandingkan dengan yang lain. Kegiatan pendampingan dalam keterampilan membaca dan mencintai al-Qur’an merupakan bentuk kepedulian kepada siswa SMP Negeri 42 Surabaya yang merupakan generasi penerus bangsa. Kegiatan pendampingan ini dilaksanakan di SMP Negeri 42 Surabaya kelurahan Bubutan Surabaya. Adapun tujuan dari kegiatan ini : a) keterampilan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan Siswa, b) meningkatkan kecintaan kepda al-Qur’an dengan pembiasaan membaca al-Qur’an, c) upaya meningkatkan pemahaman terhadap al-Qur’an sebagai pedoman hidup di tengah maraknya perkembangan teknologi yang semakin canggih. Pendampingan ini dilaksanakan secara tatap muka dengan menggunakan metode UMMI dengan tujuh tahapan, yaitu tahapan pendahuluan, apersipsi, penanaman konsep, pemamahan konsep, keterampilan, evaluasi, dan penutup. Hasil akhir dari pemdampingan siswa SMP Negeri terampilan membaca dan memahami al-Qur’an yang memiliki dampak posistif bagi siswa SMP Negeri lainya di Surabaya.
Downloads
References
Ahmad Annuri, 2021, Thsin Tilawah Al-qur’an dan Ilmu Tajwid, Jakarta Timur: Pustaka al-Kautsar.
Asmiyanti Asmiyanti, 2023, Pengaruh Pendampingan Individu terhadap Kemampuan Baca Al-Quran Siswa Jenjang Pendidikan Dasar, Journal of Enducation Research.
Ar. Suku Radja, 2019, Panduan Cepat dan Mudah Baca Al-Qur’an, Yogjakarta: Katus.
Meliyana Febriyanti, 2022, Implementasi Program Metode Pembiasaan Tadarus Al-Qur’an Terhadap Peningskatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Pertama, Jurnal Islamic Education Studies: An Indonesian Journal.
Hosaini, 2022, Metodologi Participatory Action Research, Sleman: Binta Puskata Madan.
Imam Abu Zakariya, 2027, At-Tibyan Adab pengahfal al-Qur’an, Solo: Al-Qowam.
Nasaruddin Nasaruddin. 2023, Pendampingan Dan Peran Tpq Untuk Meningkatkan Baca Al-Qur’an Di Dusun Soro Bali Desa Karampi. Journal : Pendidikan Masyarakat.
Siti Khodijah, 2023, Tahsin Al-Qur'an Panduan Mengaji Al-Qur’an dengan Kaidah Tajwid, (Yogjakarta: Bukunesia.
UMMi Foundation, 2015, Panduan Mengajar al-Qur’an Metode UMMi, Cetakan ke 2, Surabaya: UMMI, Foundation.
Trisandi, 2022, Metode Pembelajaran Dalam Al-Qur'an, Jurnal: Pendalas.
Walika, 2022, Metode Hafidz al-Qur’an di Nusantara disertai Rujukan Lembaga Pendidikan dan Pesantren yang Menerapkan, Banyuamas: Wawasan Ilmu Anggota IKAPI.