PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN MENGAJI MANULA DENGAN METODE TAHSIN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA DI MASYARAKAT DESA GEMPOLKLUTUK
DOI:
https://doi.org/10.47759/6p92kb80Keywords:
Pendampingan, metode tahsin, belajar al quranAbstract
Artikel ini membahas tentang pendampingan pembelajaran membaca Al-Qur'an di Desa Gempolklutuk memiliki peranan yang sangat penting, mengingat banyak ibu-ibu manula yang masih memiliki keterbatasan dalam kemampuan membaca Al-Qur'an. Tujuan dari pendampingan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di kalangan ibu-ibu manula, serta diharapkan dapat membantu masyarakat Desa Gempolklutuk dalam membaca Al-Qur'an dengan memperhatikan kaidah bacaan (Tajwid) yang benar. Setelah diterapkan metode Tahsin Al-Qur'an dalam pembelajaran, terdapat beberapa temuan yang signifikan. Salah satunya adalah peningkatan minat belajar ibu-ibu manula dalam membaca Al-Qur'an. Selain itu, partisipasi mereka dalam proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan kondusif. Metode yang digunakan adalah metode ABCD (Asset Based Community Development).hasil pengabdian Masyarakat ini adalah memerbaiki bacaan Al-Qur’an ibu-ibu manula yang bisa di gunakan dalam kebutuhan belajar, kebutuhan akan prestasi dan juag kebutuhan bersosialisai dalam kegiatan keagamaan seperti tadarus Al-Qur’an.
Downloads
References
Almaidah, Nur. (2020). “Implementasi Pendekatan Andragogi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Lansia Masjid Nurul Huda Sambirejo Wonosalam Jombang.” Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 160. https://doi.org/10.19105/rjpai.v1i2.4112.
Anwar, Rosyida Nurul. (2019) “Motivasi Belajar Baca Tulis Al Quran Pada Ibu Rumah Tangga Di TPQ Anwarul Qulub Sidorejo.” Prosiding Seminar Nasional & Call Paper Psikologi Pendidikan. 162–66.
Atifah, L, and P Pitriana. (2021). “Pelaksanaan Pelatihan Baca Al-Quran Dengan Metode Tahsin Di Kampung Sindang Sari.” Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung Vol 1 No:6, no. Desember. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1233%0Ahttps://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/download/1233/1120.
Fitriani, D I, and F Hayati. (2020) “Penerapan Metode Tahsin Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Sekolah Menengah Atas.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 5, no. 1: 15–31. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.227.
Kabupaten, Tinggi, and Bengkulu Tengah. (2024) “Peningkatan Motivasi Belajar Mengaji Melalui Program Kuliah Kerja Nyata (Kkn) Berbasis Masjid Di Desa Dusun Baru Ii Kecamatan Karang Tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah” 2: 24–30.
Kasmar, Indah Fadilatul, and Fuady Anwar. (2021) “Metode Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Alquran Peserta Didik.” An-Nuha 1, no. 4: 617–29. https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.140.
Mujahidin, Endin, Ahmad Daudin, Imam Ikhsan Nurkholis, and Wahyudin Ismail. (2020) “Tahsin Al-Qur’an Untuk Orang Dewasa Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 14, no. 1: 26. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i1.3216.
Permana, Dian, and Mahin Ainun Naim. (2023) “Pendampingan Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Lansia Di Nusamangir Kemranjen Banyumas.” Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 1, no. 1: 20–26. https://doi.org/10.61231/jp2m.v1i1.14.
Pertywi Setyawati, Diyah, Diki Hartono, Dwi Feby Handayani, Rouf Alamsyah, and Stai Nida El-Adabi. (2023). “Metode Utsmani Dalam Rangka Memberantas Buta Aksara Arab Pada Ibu-Ibu Manula Di Kampung Serua Poncol, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten” 01, no. 01: 28–36.
Putri, Vita Desiana, Alfidh Ardiyansyah, and Susanti Ainul Fitri. (2024) “Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur ’ an Dan Peran Mahasiswa Dalam Kegiatan KKN Mengajar Mengaji Desa Waluya Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung,”
Singgarani, Winda Arum, Zaenal Arifin, and N Faturrohman. (2021) “Implementasi Metode Wafa Pada Pembelajaran Tahsin Al- Qur ’ an Di SMAIT Harapan Umat Karawang.” Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2: 46.
Wardhani, Afni Nurfatwa, and Annisa Nurul Astriani. (2021). “Penerapan Metode Tahsin Dan Tajwid Dalam Meningkatkan Bacaan Al-Quran Di Madrasah Al-Qadr Pangalengan.” Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung 1, no. 80: 72–83.