Menguatkan Identitas Produk Lokal: Pendampingan Branding Digital UMKM Mliriprowo
DOI:
https://doi.org/10.47759/shtkyn78Keywords:
UMKM;, Branding DigitalAbstract
Era Society 5.0 ditandai dengan integrasi teknologi digital dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam aktivitas ekonomi seperti jual beli yang kini dapat dilakukan secara daring tanpa perlu hadir secara fisik di lokasi perbelanjaan. Dalam konteks ini, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) didorong untuk beradaptasi melalui pemanfaatan platform digital guna mempertahankan eksistensi dan daya saing di tengah ketatnya persaingan pasar. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan digitalisasi media branding produk UMKM di Desa Mliriprowo. Kegiatan ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD), dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan diskusi bersama admin serta anggota komunitas pasar online. Implementasi program dilakukan melalui dua pendekatan: secara luring dengan pelaksanaan bazar produk lokal, serta secara daring melalui pembuatan konten video untuk branding produk di media sosial dan marketplace. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pemanfaatan media digital secara strategis mampu meningkatkan visibilitas merek, memperluas jangkauan pasar, serta mendorong peningkatan penjualan produk. Oleh karena itu, strategi branding digital menjadi kebutuhan mendesak bagi UMKM dalam memaksimalkan potensi pasar online dan meningkatkan daya saing. Secara keseluruhan, digitalisasi media branding terbukti berkontribusi dalam memperkuat peran UMKM terhadap pengembangan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat Desa Mliriprowo.
Downloads
References
Alwendi, Andi Saputra Mandopa, and Erwina Azizah Erwina Hasibuan. 2023. “Pelatihan Pemasaran Online Berbasis Digital Untuk UMKM Di Kecamatan Tanotombangan, Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan.” Welfare : Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(4): 667–72.
Edy Sutrisno. 2021. “Strategi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Melalui Sektor Umkm Dan Pariwisata.” Jurnal Lemhannas RI 9(1): 167–85.
Harahap, Hamida Syari, Nita Komala Dewi, and Endah Prawesti Ningrum. 2021. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi UMKM.” Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences 3(2): 77.
Ibrahima, Aissetu Barry. 2018. Transforming Society Asset Based Community Development (ABCD).
Musnaini, Hadion Wijoyo, Irjus Indrawan, and Syahtriatna. 2020. Digipreneurship (Kewirausahaan Digital).
Nurul Aflah Harahap, Khairina Tambunan. 2022. “228-235+Umkm+Dan+Pembangunan.” CEMERLANG : Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis Vol. 2(2): 228–35.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01
Reza Rahmadi Hasibuan, Almas Rifqi Darmawan, Hana Afifah, Indra Surya Permana, Dewi Wahyuni, Siti Masrokhah, Santi Suciningtyas. 2024. “Pemanfaat Media Sosial Dalam Pemasaran Produk.” 2(2): 12–18.
Sinungan Muchdarsyah.Produktivitas Apa Dan Bagaimana / Muchdarsyah Sinungan . Jakarta : Bumi Aksara, 2014.
Sudrartono, Tiris et al. 2022. Cv Widina Media Utama Kewirausahaan Umkm Di Era Digital.
Suminto, Ahmad et al. 2023. “Pendampingan Branding Improvement Dan Digitalisasi Marketing Produk UMKM Berkah Alami ‘ Brangkal Ketela ’ Desa Prayungan , Kabupaten Ponorogo.” Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau 3: 104–20.
Suryani, Yani et al. 2022. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Branding Komunitas Perajin Sulam Tali Di Kabupaten Ketapang.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6(6): 1689–96.