Sosialisasi Penanaman Nilai Karakter dalam Upaya Meminimalisir Potensi Bullying di SDN Gempolklutuk
DOI:
https://doi.org/10.47759/bnkvmf02Keywords:
bullying , karakter, sosialisasiAbstract
Bullying merupakan masalah serius di lingkungan pendidikan yang berdampak negatif bagi korban, pelaku, dan iklim sekolah. Pengabdian ini bertujuan untuk mensosialisasikan penanaman nilai - nilai karakter dalam upaya meminimalisir potensi bullying di sekolah dasar terkhusus SDN Gempolklutuk. Dalam pelaksanaan pengabdian ini menggunakan 3 tahappertama membangaun pemahaman dan empatis, kedua dialog interaktif dan refleksi mendalam dan tahap ketiga dokumentasi, refleksi, aksinyata. Hasil daei kegiatan pengabdian ini menunjukan bahwa sosialisasi penanaman nilai - nilai karakter, yang meliputi nilai religius, kejujuran, tanggung jawab, toleransi, dan empati, berkontribusi signifikan dalam menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman, nyaman, dan suportif. Peninggkaan kesadaran siswa, guru dan orang tua tentang bullying, serta terbentukna budaya sekolah yang positif, menjadi faktor kunci dalam menurunkan insiden bullying, program ini juga membekali siswa dengan keterampilan sosial dan emosional yang diperlukan untuk mencegah dan mengatasi bullying. Meskipun demikian , diperlukan upaya berkelanjuan dan memastikan efektivitas jangka panjang dari program ini.
Downloads
References
Adrian, Dr. Kevin. “Pentingnya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak.” alodokter, 2024. https://www.alodokter.com/mari-wujudkan-sekolah-ramah-anak-institusi-pendidikan-dambaan-kita.
Alamsyah, S.KOM. “Pendidikan Karakter: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Dan UrgensinyaNo Title.” SMK WIDYA NUSANTARA, 2024. https://smkwidyanusantara.sch.id/read/5/pendidikan-karakter-pengertian-fungsi-tujuan-dan-urgensinya.
Indonesia, pusoko media. “Strategi Pencegahan Bullying Yang Efektif Di Lingkungan Sekolah,” 2024. https://www.bener.desa.id/strategi-pencegahan-bullying-yang-efektif-di-lingkungan-sekolah/.
Putri, Dias, Yuniar 1, Maria Safitri, Sarah Adiba, Fadilatur Riskiyah, Alief Agustin, Dewi Faricha, and Nabilatul Karimah. “Urgensi Penanaman Nilai Agama Dan Moral Sejak Dini Untuk Mencegah Kasus Bullying.” Jcr 1, no. 2 (2024): 67–72. https://doi.org/10.21107/njcr.v1i2.55.
Seminar, Prosiding, Umum Pengabdian, Kepada Masyarakat, Kurniati Rahmadani, Anton Nasrullah, Rina Andriani, Siti Rani, Ajeng Nur Setyana, Irma Ainni, and Universitas Bina Bangsa. “PENCEGAHAN TINDAKAN BULLYING DI LINGKUNGAN,” 2024, 106–14.
Siti Annisa Jumarnis, Jehan Chantika Anugerah, and Yulvani Juniawati Sinaga. “Strategi Penanaman Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisir Bullying Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Elementaria Edukasia 6, no. 3 (2023): 1103–17. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6398.
Vindhian Ningtyas, Putri, and Raden Bambang Sumarsono. “Upaya Mengurangi Bullying Anak Usia Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Sosialisasi.” Vol. 4, n.d.
Adrian, Dr. Kevin. “Pentingnya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak.” alodokter, 2024. https://www.alodokter.com/mari-wujudkan-sekolah-ramah-anak-institusi-pendidikan-dambaan-kita.
Alamsyah, S.KOM. “Pendidikan Karakter: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Dan UrgensinyaNo Title.” SMK WIDYA NUSANTARA, 2024. https://smkwidyanusantara.sch.id/read/5/pendidikan-karakter-pengertian-fungsi-tujuan-dan-urgensinya.
Indonesia, pusoko media. “Strategi Pencegahan Bullying Yang Efektif Di Lingkungan Sekolah,” 2024. https://www.bener.desa.id/strategi-pencegahan-bullying-yang-efektif-di-lingkungan-sekolah/.
Putri, Dias, Yuniar 1, Maria Safitri, Sarah Adiba, Fadilatur Riskiyah, Alief Agustin, Dewi Faricha, and Nabilatul Karimah. “Urgensi Penanaman Nilai Agama Dan Moral Sejak Dini Untuk Mencegah Kasus Bullying.” Jcr 1, no. 2 (2024): 67–72. https://doi.org/10.21107/njcr.v1i2.55.
Seminar, Prosiding, Umum Pengabdian, Kepada Masyarakat, Kurniati Rahmadani, Anton Nasrullah, Rina Andriani, Siti Rani, Ajeng Nur Setyana, Irma Ainni, and Universitas Bina Bangsa. “PENCEGAHAN TINDAKAN BULLYING DI LINGKUNGAN,” 2024, 106–14.
Siti Annisa Jumarnis, Jehan Chantika Anugerah, and Yulvani Juniawati Sinaga. “Strategi Penanaman Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisir Bullying Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Elementaria Edukasia 6, no. 3 (2023): 1103–17. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6398.