Pendampingan Revitalisasi Yayasan Nurul Hikmah Arrozy untuk Menumbuhkan Kesadaran Pendidikan Keislaman di  Desa Gunung Malang, Sumberjambe,  Jember

Authors

  • Hasbi Ash Shiddiqi Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Author
  • Awaliya Safithri Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Nurul Qarnain Author

DOI:

https://doi.org/10.47759/mxqykb41

Keywords:

Pendampingan, Participatory Action Research (PAR), Pendidikan Islam, Yayasan Nurul Hikmah Arrozy

Abstract

Pendampingan kegiatan belajar mengajar di Yayasan Nurul Hikmah Arrozy bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta efektivitas proses pembelajaran bagi para santri. Program ini dilakukan sebagai upaya pemberdayaan tenaga pendidik dan santri dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif, inovatif, dan sesuai dengan perkembangan zaman. Fokus utama pendampingan adalah optimalisasi pembelajaran yang terkendala oleh minimnya kesadaran dari generasi penerus untuk tetap menghidupkan lembaga kesilaman ini sehingga berdampak pada minimnya santri dan tidak optimalnya kegiatan belajar mengajar baik di TPQ Maupun di Madrasah diniyah.  Metode yang digunakan dalam pendampingan ini adalah Participatory Action Research (PAR), yang melibatkan tenaga pendidik, santri, dan pengelola yayasan secara aktif dalam proses perencanaan, pelaksanaan, refleksi, dan evaluasi program. Melalui pendekatan ini, pendampingan tidak hanya bersifat instruktif, tetapi juga memberdayakan komunitas pendidikan di yayasan agar dapat menemukan solusi terbaik bagi tantangan yang mereka hadapi. Beberapa strategi yang diterapkan dalam program ini meliputi resceduling jadawal mengajar paagi para asatidz, rapat rutin bulanan,  serta penguatan nilai-nilai keagamaan dalam proses belajar mengajar. Hasil dari pendampingan menunjukkan peningkatan dalam keaktifan  mengajar para guru, peningkatan minat belajar santri, serta suasana belajar yang lebih kondusif dan dinamis. Guru lebih kreatif dalam mengembangkan metode pembelajaran, sementara santri menjadi lebih aktif dalam memahami materi. Dengan demikian, pendampingan ini berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan di Yayasan Nurul Hikmah Arrozy, sekaligus memperkuat peran lembaga pendidikan Islam dalam membangun generasi yang cerdas dan berakhlak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baum, Fran, Colin Macdougall, And Danielle Smith. “Participatory Action Research.” Journal Of Epidemiology And Community Health 60, No. 10 (2006): 854–57. Https://Doi.Org/10.1136/Jech.2004.028662.

Darmalaksana Wahyudin. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 2020.

Hidayah, Anisa Nurul. “Pendampingan Baca Tulis Al-Qur’an Di Tpq Al-Istiqomah Kedungurang Kecamatan Gumelar.” Empowerment: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 1, No. 2 (2021): 46–53. Https://Doi.Org/10.51700/Empowerment.V1i2.259.

Mehran, Firouzeh. “Abraham Maslow.” Psychologie Positive Et Personnalité, 2010, 33–41. Https://Doi.Org/10.1016/B978-2-294-70491-8.00004-6.

Muntaha. “Kepemimpinan Ekologi Kiai Dalam Membentuk Pesantren Berbudaya Lingkungan.” An-Nafah: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman 1, No. 1 (2021): 1–11. Http://Ejurnal.Staitaswirulafkar.Ac.Id/Index.Php/An-Nafah/Article/View/1%0ahttp://Ejurnal.Staitaswirulafkar.Ac.Id/Index.Php/An-Nafah/Article/Download/1/1.

Purnamasari, Iin, Rahmawati, Dwi Noviani, And Hilmin. “Pendidikan Islam Transformatif.” Ihsanika: Jurnal Pendidikan Agama Islam 01, No. 4 (2023): 1–22.

Rahmat, Abdul, And Mira Mirnawati. “Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 6, No. 1 (2020): 62. Https://Doi.Org/10.37905/Aksara.6.1.62-71.2020.

Sulaiman, Aimie. “Memahami Teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger.” Society 4, No. 1 (2016): 15–22. Https://Doi.Org/10.33019/Society.V4i1.32.

Yunitasari Anggraeny, Moh. Mahdy Abyyu, And Velysa Novita Hariyanto. “Konstruksi Sosial Pekerjaan Pemulung Tpa Pakusari Kabupaten Jember.” Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan 2, No. 2 (2023). Https://Doi.Org/10.55606/Inovasi.V2i2.1436.

Zainuddin, H. M. “Pluralisme Agama Dalam Analisis Konstruksi Sosial.” Uin-Maliki Press, 2013, 1–151. Http://Repository.Uin-Malang.Ac.Id/883/6/883.Pdf.

Downloads

Published

11/30/2024

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pendampingan Revitalisasi Yayasan Nurul Hikmah Arrozy untuk Menumbuhkan Kesadaran Pendidikan Keislaman di  Desa Gunung Malang, Sumberjambe,  Jember. (2024). Ta’awun: Jurnal Pengabdian, 3(2), 101-112. https://doi.org/10.47759/mxqykb41