Pelatihan Makharijul Huruf di TPQ Lansia Desa Ngrowo Kec. Bangsal Kab. Mojokerto

Authors

  • Miftakhur Ridlo IAI Uluwiyah Mojokerto
  • Abdullah Khanif IAI Uluwiyah

Keywords:

Pelatihan Makharijul Huruf,, TPQ Lansia,

Abstract

Artikel ini membahas tentang Al-Qur’an adalah sumber agama Islam, merupakan kitab suci yang memuat firman–firman Allah. Akan tetapi pada kenyataannya banyak umat islam yang masih belum bisa membaca AlQur’an dengan baik dan benar, baik anak-anak, dewasa maupun lansia. Kemahiran membaca Al-Qur’an merupakan salah satu bidang yang amat penting. Kelemahan yang sering dihadapi ialah penguasaan kemahiran fasohah, makhraj huruf dan tajwid. Metode yang digunakan dalam pengabdian adalah Participaciory Action Research (PAR) Kegiatan  partisipasi  dalam  penelitian bahwa PAR merupakan  penelitian  tindakan  kegiatan  sebagai  hasil  dari  proses  penelitian, yaitu  penelitian  yang diawali  dengan  merencanakan,  melakukan  tindakan  atau  aksi,  dan evaluasi dari hasil tindakan. Kegiatan penyuluhan dilaksanakan pada hari minggu tanggal 5 maret 2022 pukul 16.00 Materi yang di berikan adalah hukum membaca Alquran atau tajwid. Selanjutnya, pemateri memberikan materi tajwid pada para santri sebagai referensi belajar membaca alquran. Penyerahan tajwid merupakan bentuk peduli dari mahasiswa  kepada TPQ lansia dusun Pendowo. Selain itu. Penyerahan materi tajwid diharapkan dapat membantu memudahkan  para santri untuk mengerti hukum membaca alquran. Taman Pendidikan Al-qur’an merupakan suatu lembaga yang berfokus pada pengajaran baca tulis al-qur’an dengan benar sesuai dengan hukum tajwid. Taman pendidikan al-qur’an memiliki tujuan membentuk pribadi yang baik dan berpegang teguh pada al-qur’an. Pentingnya taman pendidikan al-qur’an dalam kehidupan manusia adalah rujukan dari setiap masalah. Oleh karenanya, setiap manusia perlu menanamkan rasa cinta terhadap al-qur’an.

References

Hidayati,R, & Hidayah,N. (2021). Bimbingan Membaca Al-Qur’an Kepada Lansia di Desa Tambalang Oleh Mahasiswa KKN Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Amuntai Tahun 2021 PamKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1)

Implementasi metode anaba dalam pembelajaran al-qur’an: studi pengajian lansia di Pajang Surakarta. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam.

Soedjiwo, N. A. F. (2019). Implementasi mata kuliah par (participatory action research) di TPQ Al-Magfiroh Denpasar Bali. Widya Balina, 4(2).

Munir, M., Alim, S., & Pratomo, A. S. (2015). Pengabdian Pada Masyarakat: Participatory Action Research (PAR) Pemberdayaan Santri dalam Rintisan Baitul Maal wat Tamwil (BMT) di Desa Candirejo Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar.

Saputri, O. N., Nissah, K., & Arini, P. F. (2022). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Melalui Penguatan SDM di Desa Paron, Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2)

Benjamin Bukit,dkk., (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta:Zahir Publishing.

Nurul Ulfatin, Teguh Triwiyanto, (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 91 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Pelakasanaan Penyelenggaraan Pendidikan Al-Qur’an.

Tilaar, (2000) Paradigma Baru Pendidikan Nasional , Jakarta: Rineka Cipta.

Aminah, S., Muhammad, I., Wafirrotullaeka, W., Thoyib, A., Sanusi, A., Hika, H. & Pratiwi, A. (2018). Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Orang Lansia di Padukuhan Tritis (Studi pada Jama’ah Ngaji Bareng Masjid Ar-Rahman Tritis). Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 18(2).

Maidah, A. N., Nahrowi, M., Rahma, B. I. M., & Wulandari, H. S. E. (2022). Penguatan Pendidikan Keagamaan Lansia (Lanjut Usia) di Dusun Kedunglangkap Desa Kraton Kecamatan Kencong–Jember. PANDALUNGAN, 1(01).

Wafa, A., Rafiuddin, A., Lukman, L., Jali, J., Imamah, I., & Musyarrofah, M. (2021). Pendampingan Pembinaan Baca Tulis Al-Quran, Ibadah Dan Moral Remaja Desa Daleman Dusun Bates Kedungdung Sampang. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Abu Tauhid, (1994). Beberapa Aspek Pendidikan Islam, Yogyakarta : Sekretaris Jurusan Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Korcab Qiraati Kebumen, (2000). Pembinaan Ta’limul Qur’an Asatidz Metode Qiraati Kabupaten Kebumen, Kebumen : Korcab Qiraati Kab. Kebumen.

As‟ad Humam, (1995) Konsep Naskah Buku Pedoman Pengelolaan dan Pengembangan TKATPA Nasional, Yogyakarta : Balai Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an.

Usman, Implementasi Kebijakan Kementerian Agama terhadap Penyelenggara Taman Pendidikan Al-Qur’an di Kabupaten Pasuruan, Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, Nomor 1.

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

##section.default.title##