Pelatihan Manajemen Pengembangan TPQ di TPQ Khoirul Arif Gunungsari Surabaya

Authors

  • Nurul Hidayati Nurul Hidayati IAI Uluwiyah Mojokerto

Keywords:

Keyword: Pelatihan;Manajemen, Taman Pendidikan Al Qur’an

Abstract

Maraknya lembaga TPQ di Indonesia beserta eksistensi keberadaan TPQ yang harus ada ditengah masyarakat global saat ini ternyata tidak membuat TPQ menjadi salah satu lembaga yang hebat dalam memajukan pendidikan beragama sebagaimana yang kita harapkan. Seperti pada lembaga TPQ Khoirul Arif yang terletak di Gunung sari surabaya yang juga mengalami kembang kempis dalam melakukan pelayanan pendidikan non formal pada masyarakat, ini diterangai karena pengelolaan yang lemah sebab kurangnya sarana dan prasarana pendidikan, minimnya biaya operasional pendidikan, dan faktor-faktor lainnya. Pelaksanaan kegiatan ini dilatar belakangi oleh adanya beberapa permasalahan, diantaranya kurangnya pemahaman pengelola dan pengajar terhadap manajemen dalam pengembangan TPQ.
Pelatihan manajemen diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan dalam mengembangkan TPQ dari beberapa aspek, yaitu: kurikulum, Sumber daya manusia, peserta didik, dan tata kelola. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode pelatihan (knowledge dan skill) yang dilakukan secara terstruktur dan berkala. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa pengetahuan dan kemampuan guru dan pengelola TPQ Khoirul Arif Gunungsari Surabaya dalam pelatihan manajeman pengembangan TPQ menjadi meningkat dan tata kelola menjadi lebih baik, peserta didik menjadi lebih banyak dan semangat dalam belajar.

References

Aliwar, Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Quran dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (TPA), jurnal Al-Ta’dib Vol. 9 No. 1, Januari-Juni 2016.

Chairani Idris dan Tasyrifin Karim, (1995). Pedoman Pembinaan dan Pengembangan TPA/TKA. Jakarta: Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TKA BKPRMI.

Zulfikar, Z., Abidin, M., Zainal, R., Istiqomah, I., & Kholid, A. (2021). Peningkatan Baca Alqur’an di TPQ Gema Insani Dusun Manisrenggo Desa Gondangmanis. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Putra, I. A., Faiqoh, A., & Romadhani, N. P. (2021). Sosialisasi Metode Yanbu’a bagi Santri di Pondok Pesantren Al Fatich Tambakberas untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Al Qur’an. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).

As’ad Humam, (1995). Pedoman Pengelolaan Pembinaan dan Pengembangan; Membaca, Menulis, Memahami Al-Qur’an. Yogyakarta: Litbang LPTQ Nasional Team Tadarus AMM.

Abdul Halim, Achmad Zamroni2 , Wafiyul Ahdi3 , Mochammad Syafiuddin ShobirinPembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan al-Qur’an Roudlotul Tholabah Dusun Jemparing Desa Pakel, KEAGAMAAN: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT (JUMAT) Vol. 3, No. 1, April 2022.

Budiyanto, dkk. 2008. Panduan praktis pengelolaan (TKA-TPA, TKAL-TPAL, dan TPA) cetakan ke 2. (Yogyakarta: Balai LITBANG LPTQ Nasional Yayasan Team Tadarus “AMM”)

Direktur Jenderal Bimbingan Agama Islam. 1998. Metode-metode Membaca Al-Qur’an di Sekolah Umum. (Jakarta: Depag RI)

Oemar Hamalik, (2007) Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-11-28

Issue

Section

##section.default.title##