Pengaruh Penerapan Metode Role Playing Terhadap Public Speaking Dan Keaktifan Belajar Fikih di MTs Negeri 3 Sidoarjo

Authors

  • Hanim Masyhudah Author

DOI:

https://doi.org/10.47759/ryjb3f14

Keywords:

Public Speaking dan Keaktifan Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena masih dijumpai siswa yang masih tidak berani berbicara atau mngutarakan pendapatnya ketika di depan umum terutama pada saat pembelajaran PAI serta kurangnya keaktifan siswa saat pembelajaran. Tujuan Penelitian Ini adalah: Mengetahui pengaruh penggunaan metode role playing terhadap public speaking dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Negeri 3 Sidoarjo Tahun pelajaran 2024/2025. Mengetahui pengaruh penggunaan metode role playing terhadap public speaking siswa dan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Negeri 3 Sidoarjo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 43 siswa. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang positif dari metode role playing terhadap public speaking siswa di MTs Negeri 3 Sidoarjo. (2) terdapat pengaruh yang positif dari metode role playing terhadap keaktifan belajar Fikih di MTs Negeri 3 Sidoarjo. (3) ada pengaruh yang positif dari metode role playing terhadap public speaking dan keaktifan belajar Fikih di MTs Negeri 3 Sidoarjo.

Downloads

Published

2024-09-30