Pesantren Preneurship Dalam Perspektif Pendidikan Islam

Authors

  • Mohamad Ghozi Author

DOI:

https://doi.org/10.47759/17xw8508

Keywords:

Pesantren, Preneurship, Pendidikan Islam

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis konsep pesantren preneurship dalam perspektif pendidikan Islam serta mengevaluasi implementasinya di beberapa pesantren di Mojokerto. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil studi menunjukkan bahwa pesantren preneurship yang dikembangkan di pesantren-pesantren tersebut berorientasi pada nilai-nilai pendidikan, kewirausahaan, dan keterampilan, serta mampu mencetak santri yang mandiri secara ekonomi dan berakhlak mulia. Implementasi pesantrenpreneurship juga memberikan dampak positif terhadap pengembangan soft skills dan kecerdasan emosional santri. Namun, terdapat tantangan dalam pelaksanaannya, seperti keterbatasan sumber daya manusia dan akses terhadap modal. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan kewirausahaan bagi pengelola pesantren dan santri, serta kerja sama dengan lembaga keuangan syariah dan pemerintah untuk mendapatkan dukungan modal dan akses pasar.

Downloads

Published

2024-09-30