Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Tema 3 Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Karangdiyeng Kutorejo Mojokerto
Keywords:
Model Blended Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap motivasi dan hasil belajar pada tema 3 siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Karangdiyeng Kutorejo Mojokerto. Jenis penelitian ini Quantitative Research (Penelitian Kuantitatif) dengan 37 jumlah responden/siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil analisis data diketahui bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran blended learning terhadap motivasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas Karangdiyeng Kutorejo Mojokerto yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (2,710 > 2,032) dan Fhitung > Ftabel (7,346 > 3,28) dengan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,173 dan signifikansi sebesar 0,001 < 0,05. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar tema 3 siswa kelas V MI Al-Ikhlas Karangdiyeng Kutorejo Mojokerto dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (2,959 > 2,032) dan Fhitung > Ftabel (8,753 > 3,28) dengan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,200 dan signifikansi sebesar 0,006 < 0,05.