Tranformasi Multikultural Media Massa Perpsektif Ekonomi Politik Media

Authors

  • Trisno Kosmawijaya Author

Keywords:

komunikasi multikultural, tranformasi multikultural, ekonomi politik media, media massa.

Abstract

Pada artikel ini menjelaskan tentang transformasi multikultural media massa dalam perspektif ekonomi politik media. Transformasi komunikasi multikultural merupakan hasil proses interaksi masyarakat dalam kaitannya dengan pesan-pesan media global yang didalamnya terdapat nilai dan norma yang diakui masyarakat untuk dijadikan pedoman baru atau pola berfikir yang mendasari asumsi dasar individu. Berangkat dari pers di era reformasi mengalami perubahan yang sangat besar karena dianggap lepas dari kungkungan era orde baru yang dianggap membatasi gerak pers, inilah kemudian menimbulkan semangat reformasi yang tak terkendali sehingga berdampak munculnya banyak berita dan tulisan yang tidak bermutu diterbitkan. Seiring bergulirnya waktu banyak awak media yang mulai membenahi diri agar tidak terjebak euforia reformasi tanpa kontrol mereka mulai berfikir bahwa salah satu tugas pers dan media adalah membangun bangsa. Sekarang ini adalah pasca reformasi setelah awak media mampu berfikir sehat keluar dari gemelut era tabloidisme kini di era sekarang awak media tetap masih dihadapkan dengan ekonomi politik media. Pemilik media dikelilingi oleh tuntutan industri, kepentingan bisnis grup, dan politik & hukum. Ketika awak media tidak mempunyai kontrol dan komitmen kuat sebagai harapan utama dalam membangun bangsa maka yang terjadi adalah Tayangan dengan Standart umum yang rendah, Sebagai Ekstasi Komunikasi, Kecabulan, Hiperrealitas, Pencerahan Palsu Kapitalisme.

References

Agus Sudibyo, 2004, Ekonomi Politik Media Penyiaran, (Yogyakarta: LKIS)

Aoyama, Y., and Castells, M. . An Empirical assessment of the Informational Society. International Labour Review, 141. 2002, Geneva: ILO,

Balle, Francis, Medias et Sosietes, 5 Edition, Montchrestien, 1990, Paris

Djuarsa Sendjaja, Sasa, Ekologi Media, Analisis Aplikasi Teori Niche dalam Penelitian tentang kompetisi antarindustri media, jurnal komunikasi, volume 1, No. 2 April-Juni 1993, Jakarta : Gramedia.

Douglas Kellner, 2010, Budaya Media: Cultural Studies, Identitas, dan Politik: Antara Modern dan Postmodern, (Yogyakarta: Jalasutra)

Gans, Herbert J 1969 , “The Politics of Culture in America: A sociological Analysis, dari judul asli “La politique culturelle aux Etatas Unis”Communications, Vol. 14,

Graeme Burton, 2008, Pengantar untuk Memahami Media dan Budaya Populer. (Yogyakarta: Jalasutra)

Hal, John,A, Power and Liberties, Basil Blackwell, 1985, London

Hartmann, Paul and Charles Husban, Paul,”The Mass Media and Racial Conflict,” dalam Denis McQuail, Sociology of Mass Communications, 1972,Penguin Modern Sociology Readings, Baltimore,

Haryatmoko, 2010, Dominasi Penuh Muslihat: Akar Kekerasan dan Diskriminasi, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama)

Idi Subandy Ibrahim, 2011, Kritik Budaya Komunikasi, (Yogyakarta: Jalasutra)

Marsel Danesi, 2010, Pesan, Tanda, dan Makna: Buku Teks Dasar Mengenai Semiotika dan Teori Komunikasi, (Yogyakarta: Jalasutra)

McQuail, Denis, 1972 Sociology of Mass Communications, penguin modern sociology readings, Baltimore,

McQuail, Dennis and Sven Windahl. 1993. Communication Models: For The Study of Mass Communication. 2 nd Edition. New York: Longman Inc

Moch Choirul Arif, 2014, Dasar-Dasar Kajian Media dan Budaya, (Surabaya: UIN Sunan Ampel Press)

Morissan, 2009, Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi, (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup)

Mosco Vincent, 2009. The Policial Economy of Communication, London: Sage Publication

Mowlana, Hamid dan Laurie J. Wilson, “Komunikasi dan Transformasi Masyarakat”, Audentia Vol. 1, 2 1993, Jakarta,

Peter Golding dan Graham Murdock eds, 1997, The Political Economy of The Media. Volume 1 (Edward Edgar Publishing Limited)

Pigeat, Henri, “Illusions et espoirs de la television communautaire”, 1983 dalam La Television Par Cable, Commence Demain, Plon, , Paris

Rosengren, Karl Erik dan Swen Windahl, “Mass Media Consumption as a Functional Alternative, dalam Denis McQuail, Sosciology of Communication, 1972, Penguin Book, Baltimore,

Sardar, Ziauddin dan Van Loon, Borin. 2008. Membongkar kuasa Media

Srinati, Dominic. 2009. Popular culture: Pengantar Menuju Teori Budaya Populer, (Sleman: Ar-Ruzz Media)

Stanley j. Baran, Dennis K. Davis. 2009. Mass Communication Theory: Foundations, Ferment, and Future, Boston: Wadsworth Cangange Learning

Straubhaar, J., and LaRose, R. Media Now, Understanding Media, Culture and Technology. 2006, Belmont: Thomson Wadsworth.

Sutrisno, Mudji dan Putranto, Hendar (ed), 2005, Teori-Teori Kebudayaa, (Jakarta: Kanisius)

Syaiful Halim, 2013, Postkomodifikasi Media (Yogyakarta: Jalasutra)

Yasraf Amir Piliang, 2010, Post-Realitas: Realitas Kebudayaan dalam Era Post-Metafisika, (Yogyakarta: Jalasutra)

Downloads

Published

28-07-2023