RELIGIOUS CULTURE DI MADRASAH IBTIDAIYAH PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Risalul Ummah Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto Author

DOI:

https://doi.org/10.47759/ztbqj097

Keywords:

Religious Culture, Madrasah Ibtidaiyah, Pandemi Covid-19

Abstract

Pendidikan agama pada sekolah dasar menempatkan pada posisi yang paling penting. Hal tersebut didasarkan pada nilai-nilai agama dan budaya luhur bangsa sebagai semangat dalam proses pengelolahan dan pembelajaran yang mengutamakan keteladanan, dalam perilaku dan amalan keagamaan. pada pendidikan nasional dapat berevolusi dengan mengembangkan kurikulum pada sekolah dasar berbasis religious cultur yang mana pada pelaksanaan pendidikan bukan hanya transfer ilmu semata, namun dapat transfer kebudayaan dengan penananaman nilai-nilai, norma-norma, atau adat istiadat. Pengembangan kurikulum kultur budaya Islam dalam proses pembelajaran di kelas atau di sekolah diharapkan dapat dilaksanakan melalui kegiatan yang secara langsung melibatkan peserta didik. Peserta didik sebagai subyek atau pelaku utama akulturasi kebudayaan. Pendidikan moral ini bisa di aplikasikan pada penanaman nilai-nilai agama di sekolah. Perwujudan pendidikan tersebut dapat diselenggarakan pada pendidikan dengan memperhatikan penanaman nilai-nilai religious dalam segala aspek aktivitas belajar. Pada masa pandemi COVID 19 pendidik dapat menyelipkan kutur budaya Islam di sela-sela pembelajaran yang dilakukan secara daring ataupun luring.

Downloads

Published

2021-10-20