PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN INTENSITAS BELAJAR SISWA TERHADAPHASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.47759/1v021k14Keywords:
Kompetensi pedagogik guru, intensitas belajar siswa, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi pedagogik guru dan intensitas belajar siswa secara parsial dan secara simultan terhadap hasil belajar matematika. Penelitian kuantitatif korelasional ini dalam pengumpulan data menggunakan angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Populasi penelitian sebanyak 34 siswa. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: (1) Ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukkan dari nilai thitung > ttabel (2,357 > 2,040) dan Sig-2 tailed < α (0,025 < 0,05). (2) Ada pengaruh intensitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika ditunjukkan dari nilai thitung > ttabel (3,412 > 2,040) dan Sig-2 tailed < α (0,002 < 0,05). (3) Ada pengaruh kompetensi pedagogik guru dan intensitas belajar siswa secara simultan terhadap hasil belajar matematika yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (6,788 > 3,28) dan Sig-2 tailed < α (0,004 < 0,05).