IMPLEMENTASI TEORI HUMANISTIK (CARL ROGERS) PADA PEMBELAJARAN FIKIH DI MI MIFTAHUL HUDA MALANG

Authors

  • Dwi Indah Nursita Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto Author

DOI:

https://doi.org/10.47759/9z37yh56

Keywords:

Teori Humanistik (Carl Rogers), Pembelajaran Fikih

Abstract

Belajar bukan hanya menghafal dan bukan hanya mengingat, tetapi belajar adalah suatu proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri siswa. Perubahan sebagai hasil proses belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk, seperti perubahan pengetahuannya, sikap dan tingkah laku keterampilan, kecakapannya, kemampuannya, daya reaksinya dan daya penerimaannya. Jadi belajar adalah suatu proses yang aktif, proses mereaksi terhadap semua situasi yang ada pada siswa. Belajar merupakan suatu proses yang diarahkan pada suatu tujuan, Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Teori Humanistik (Carl Rogers) Pada Pembelajaran Fikih di MI Miftahul Huda Malang. Pendekatan humanistik Carl Roger dalam pembelajaran fikih ini menunjukkan hasil bahwa lebih efektif daripada pendidikan tradisional (pembelajaran yang hanya mengembangkan aspek kognitif saja) dalam memperbaiki afektif, tetapi bukan hasil akademik. Dalam hal ini dapat diketahui bahwa pembelajaran dengan pendekatan humanistik lebih sukses dalam memperbaiki kerja sama, kreativitas, prestasi motivasi, dan mandiri dibandingkan dengan pembelajaran tradisional (pembelajaran yang hanya mengembangkan aspek kognitif saja).

Downloads

Published

2019-04-20