PROBLEM KEBENARAN DALAM FILSAFAT ISLAM

Penulis

  • Miftakhur Ridlo Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto
  • A. Sukoco Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto

Kata Kunci:

Problem Kebenaran, Filsafat Islam

Abstrak

Filsafat Islam merupakan salah satu bidang studi Islam yang keberadaannya telah menimbulkan pro dan kontra.  Sebagian mereka yang berpikiran maju dan bersifat liberal cendrung mau menerima pemikiran filsafat Islam. Sedangkan bagi mereka yang bersifat tradisional yakni yang berpegang teguh pada doktrin ajaran al-Qur'an dan al-hadits secara tekstual, cendrung kurang mau menerima filsafat, bahkan menolaknya.

Filsafat Islam yang dikemukakan Amin Abdullah. Dalam hubungan ini ia mengatakan: “meskipun saya tidak setuju untuk mengatakan bahwa filsafat Islam tidak lain dan tidak bukan adalah rumusan pemikiran Muslim yang di tempeli begitu saja dengan konsep filsafat Yunani, namun sejarah mencatat bahwa mata rantai yang menghubungkan gerakan pemikiran filsafat Islam era kerajaan Abbasiyah dan dunia luar di wilayah Islam, tidak lain adalah proses asimilasi dan akulturasi kebudayaan Islam dan kebudayaaan Yunani lewat karya-karya filosof muslim, seperti Al-kindi

Dengan berfilsafat seharusnya seseorang akan lebih mengerti hakikat kehadirannya dalam kehidupan didunia ini, yang pada akhirnya akan menyadarkan bahwa dirinya adalah makhluk kecil yang tiada berdaya dengan segala keterbatasan ditengah semesta keluasan dan kemahakuasaan Tuhan yang Maha Esa. Seorang teman pernah mengatakan ”seseorang tak akan bisa menguasai semuanya, tetapi ”sesuatu” pasti dimiliki setiap orang.

Referensi

Louis O. Kattsof, Pengantar Filsafat (terj.) soejono soemargono dari judul asli element of philosophy, ( Yogyakarta: Bayu Indra Grafika,1989)

Omar Muhammad al-Toumy al-Syaibani, Filsafat Pendidikan Islam (terj.) Hasan langgulung dari judul asli Filsafat al-Tarbiyah al-Islamiyah, (Jakarta: bulan bintang 1979).

Maulana Muhammad Ali, Islamologi Dinul Islam (terj.) R.Kaelani dan H.M.Bachrun , (Jakarta: Ichtiar Baru Van-Hoeve, 1980)

Harun Nasution, Islam Ditinjau Dari berbagai Aspeknya, (Jakarta: Universitas Indonesia, 1979).

Irna Fatimah (Ed.) Filsafat Islam, (Yogyakarta: Lembaga Studi Filsafat Islam,1992).

Roger Garaudi, Janji-janji Islam (terj.) H.M.Rasyidi, (Jakarta: Bulan Bintang 1982).

Ahmad Fuad Al-Ahwani, Filsafat Islam, (terj.), Jakarta: Pustaka Firdaus ,1985.

Inu kencana Syafi’i, Filsafat Kehidupan (Prakata), Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Poedjawijatna, Pengantar keilmuan dalam Filsafat, Jakarta: Bina Aksara, 1987.

Lorens, Bagus, Kamus Filsafat, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2002.

Abuddin Nata, Ilmu Kalam, Filsafa dan Tasauf, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, cetakan V, 2001

Tj. De Boer, Tarikh al-Falsafah al Islamiyah, Tahqiq Muhammad Abdul Hawi Rauwaidah, (Beirut, Dar al-Nahdah al-Arabiyah, tt)

Ibnu Sina, al Najat, Kairo : Mustafa al-Baby al-Halaby, 1938.

Unduhan

Diterbitkan

27-11-2023

Cara Mengutip

Ridlo , M., & A. Sukoco. (2023). PROBLEM KEBENARAN DALAM FILSAFAT ISLAM. Jurnal Hukum Keluarga Islam El - Qisth, 2(02). Diambil dari https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/elqisth/article/view/247

Terbitan

Bagian

Articles