Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Kitab Nadzam Hidayatus Sibyan Pada Mata Pelajaran Qurdits Siswa Kelas Xi Ma Al-Fatah Mojosari

Authors

  • Raka Ahmad Zeintoro Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto
  • Imam Wahyudi Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto

Keywords:

Pembelajaran Ilmu Tajwid, Kitab Hidayatus Sibyan

Abstract

Pembelajaran sangatlah penting diaktualisasikan untuk mencerdaskan setiap anak di negeri ini serta meningkatkan mutu pribadi pada setiap pribadi manusia. Belajar tidak memandang usia, sampai kapanpun belajar harus terus terlaksna. Al-Qur’an adalah kalamulloh yang diturunkan kepada Nabi Agung Muhammad SAW, diantara tujuannya adalah untuk menjadi pedoman dan menjadi petunjuk bagi seluruh umat manusia di bumi ini. Untuk memahami isi Al-Qur’an perlu adanya pembelejaran yang mendalam. Ilmu dasar Al-Qur’an adalah ilmu bagaiman cara membacanya dengan baik dan benar. Supaya menghindari kesalahan membaca ayat-ayat Allah ini setaip insan sangatlah perlu mempelajari ilmu tajwid. Tujuan penelitian ini adalah menyampaikan pembelajaran ilmu tajwid melalui kajian kitab Hidayatus Sibyan di Madrasah Aliyah Al-Fatah Mojosari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang berjenis deskriptif kualitatif, yang mana lokasi penelitainnya bertempat di Madrasah Aliyah Al-Fatah Mojosari, dengan subjek penelitian siswa kelas XI. Serta mendapatkan hasil bahwa metode yang digunakan untuk memahami ilmu tajwid menggunakan kajian kitab Hidaytus Sibyan ada tiga, ketiga tersebut adalah: 1) menghafal setiap nadzom guna untuk mempermudah dalam pemahaman, 2) lalaran (membaca setiap nadzom pada kitab dengan nada yang sudah ditentukan) guna untuk mempermudah menghafal dan mengingat-ingat nadzom yang sudah dihafalkan, 3) menerapkan dalam ayat yang terdapat pada mata pelajaran Al-qur'an Hadits.

References

Abror, M. Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Nadzam Hidayatus Syibyan (Syifaul Jinan) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Di Pondok Pesantren An-Nur Al-Islamy Kauman Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017.

Al-Qudhat, M. I. Panduan Lengakap Ilmu Tajwid Untuk Segala Tingatan, 2015.

Arifin, M, Hubungan timbal balik pendidikan agama di lingkungan sekolah dan keluarga sebagai pola pengembangan metodologi. Jakarta: Jakarta : Bulan Bintang , 1977.

Badariah, Pembelajaran Ilmu Tajwid di Pondok Pesantren Al-Mursyidul Amin Puteri Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar, 2016.

dkk, M, Strategi Belajar Mengajar, 1996

Downloads

Published

2023-01-07 — Updated on 2022-08-31

Versions

How to Cite

Raka Ahmad Zeintoro, & Imam Wahyudi. (2022). Implementasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Kitab Nadzam Hidayatus Sibyan Pada Mata Pelajaran Qurdits Siswa Kelas Xi Ma Al-Fatah Mojosari. Amaliyatu Tadris (AMYTA), 1(1), 112–117. Retrieved from https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/amyta/article/view/43 (Original work published January 7, 2023)

Issue

Section

Articles