Pembelajaran Peta Konsep Untuk Membangun Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Xi Ma Al Fatah

Authors

  • Fiddini Rimatus Sholihah Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto
  • Asna Bariroh Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto

Keywords:

Pemahaman Siswa, Peta Konsep, Akidah Akhlak

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pembelajaran Peta Konsep Untuk Membangun Pamahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas XI MA Al Fatah. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan Deskriptif-Kualitatif. Sumber data penelitian didapat dari Siswa dan Guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Hasil dari penerapan pembelajaran peta konsep, siswa terlihat lebih aktif dan dapat merespon dengan lebih fokus saat menggunakan bahan ajar dengan peta konsep, serta motivasi dan kreativitas belajar siswa menjadi lebih tinggi  untuk memahami penjelasan saat pembelajaran berlangsung.

References

Abdurrahmat Fathoni, 2006, Metodologi Penelitian Teknik Menyusun Skripsi, Jakarta: Rineka Cipta,

Arief S. Sadiman, dkk., 2012, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,

D. Fajar Ahwa, 2015 , “Implikasi Pendidikan Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa Madrasah Aliyah Ashari Di Pondok Pesantren As Shiddiqi Puteri, Jember: Institut Agama Islam Negeri,” vol 14, no 1

Dr.Muhammad Abdurrahman, M.Ed. 2016, Akhlak :Menjadi seorang muslim berakhlak mulia, Jakarta: Rajawali pers.

Hasbullah, 2005, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, cet. 4, Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Ibnu Maskawaih, Tahdzib Al-Akhlak wa Thathhir Al-A’raq, Beirut: Maktabah Al-Hayah li Ath Thiba’ah wa Nasyr, cetakan k-2

Juliarti, Armaini Rambe, Siti Sutanti, Dwi Diar Estellita, “Penerapan Metode Pembelajaran Peta Konsep Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Statistik”, Jurnal Teknologi Pendidikan, 1, tt,4.

Luki Yunita, Ahmad Sofyan, Salamah Agung, 2014 “Pemanfaatan Peta Konsep (Concept Mapping) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Senyawa Hidrokarbon”, Edusains, 1.

Nurul Hidayahti Rofiah, 2016 , “Desain Pengembangan Pembelajaran Akidah Akhlak Di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan,” vol 8, no.1

Pei-Lin Liu, 2016, “Mobile English Vocabulary Learning Based On Concep-Mapping Stratery”, Jurnal Langauage Learning and Technology, 3

PGMI le 2014 IAIN Tulungagung.Artikel-Pendidikan-Moral-bagi-Anak-Didik-di-Era-Globalisasi. http://pgmile2014iainta.wordpress.com. Diunduh tanggal 03-10-2022. Pukul 21.45 WIB.

Rohani Ahmad, 1991, Pengelolaan Pengajaran, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Roli Abdul Rohman, 2005, et.al. Menjaga Aqidah dan Akhlak, Solo: Tiga Serangkai.

Rosihan Anwar, 2010, Asas Kebudayaan Islam, Bandung: Pustaka Setia.

Suci Yuniati. 2013, “Peta Konsep (Mind Mapping) Dalam Pembelajaran Struktur Aljabar”. Gamatika, 2.

Sudrawan Danim, 2010, Perkembangan Peserta Didik , Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, PenerbitBandung : Alfabeta

Sumadi Suryabrata, 2008, Psikologi Pendidikan , Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tim Pengembang MKDP, 2011 Kurikulum & Pembelajaran, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Wulan Cahya Ningsih, Marzuki, Suhardi Marli, “Pengaruh Sistem Pembelajaran Mind Map Terhadap Pemerolehan Belajar IPS Kelas V SDN 11 Pontianak”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 1 (2012),

Yazid Bin Abdul Qodir Jawas, 2004, Syarah Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah, Bogor: Pustaka At-Taqwa.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Fiddini Rimatus Sholihah, & Asna Bariroh. (2022). Pembelajaran Peta Konsep Untuk Membangun Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Xi Ma Al Fatah. Amaliyatu Tadris (AMYTA), 1(1), 98–111. Retrieved from https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/amyta/article/view/42

Issue

Section

Articles