Upaya Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Menggunakan Daun Kering Di Tk Kuncup Bunga Kelompok A Desa Sumberjati Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2021/2022

Authors

  • Umi Susanti Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto
  • Khoirul Jazilah Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto

Keywords:

fisik motorik halus, kolase, daun kering

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di perlukan kegiatan pembelajaran yang kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) meningkatkan kemampuan fisik motoric halus melalui kegiatan kolase menggunakan daun kering di TK kuncup Bungana kelompok A Tahun 2022. (2) meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran fisik motoric halus menggunakan daun kering. (3) melatih kelenturan gerak jari jemari dan pergelangan tangan, agar dapat mendukung proses pengembangan kemandirian anak sejak kecil. Penelitian ini ersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah dan guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, hasil karya anak. Observasi dilakukan antara kepala sekolah dan peneliti untuk menyamakan pemahaman suatu informasi dan data yang diperoleh. Penelitian tinakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian terdapat 4 tahab yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) guru telah melaksanakan pengembangan fisik motoric halus sesuai dengan tingkat pencapaian perkembangan; (2) kegiatan kolase menggunakan daun kering mampu meningkatkan keaktifan, kesabaran, ketelitian, antusian dan suasana belajar yang kondusif; (3) kegiatan kolase daun kering cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan fisik motoric halus.

References

Bambang, Sujiono, Mencerdaskan Perilaku Anak Usia Dini, (Jakarta: Elex Media Kompindo, 2005

Fratnya Puspita Devi, Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Kelompok B2 di TK ABA Keringan Kecamatan Turi Kabupaten Sleman, (Yogyakarta:2014).Diambildari: http://eprints.uny.ac.id/13449/1/skripsi%20Fratnya%20Puspita%20Devi.pdf

Hurlock, E. B. (1990). Perkembangan anak. Erlangga

Ismail Andang, (2006), Education Games, Menjadi Cerdas dan Ceria dengan permainan Edukatif, Yogyakarta : Pilar Media.

Kartono, Psikologi Umum, (Bandung: Mandar Maju, 1995.

Martha Christianti, 2007 Aspek Aspek Perkembangan Anak Usia Dini,staff.uny.ac.id/dosen/martha-christianti/aspekperkembangan-pembiasaan-aud.

Martini Jamaris, Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak – Kanak (Cetakan ke-2), (Jakarta: Prodi PIAUD PPs UNJ, 2004.

Moeslicathoen,( 2004) Metode pengajaran di Taman Kanak-Kanak, (Jakarta: PT Asdi Mahasatya,.

Saputra, Y. M. (2005). Pembelajaran Koopertif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. FIP UNY.

Suharsimi Arikunto, (2012.), Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Sujiono, B. (2014). Metode Pengembangan Fisik. Universitas Terbuka.

Sujiono, Bambang. (2005). Pengembangan Metode Fisik. Universitas Terbuka.

Sumantri, M. S. (2005). Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Dinas Pendidikan

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Umi Susanti, & Khoirul Jazilah. (2022). Upaya Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Menggunakan Daun Kering Di Tk Kuncup Bunga Kelompok A Desa Sumberjati Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2021/2022. Amaliyatu Tadris (AMYTA), 1(1), 41–58. Retrieved from https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/amyta/article/view/38

Issue

Section

Articles