Model Pembelajaran Steam Dengan Media Loose Parts Untuk Anak Usia Dini

Authors

  • ANIK LUTFIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM ULUWIYAH MOJOKERTO
  • Ahmad Aly Syukron Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto

Keywords:

Model pembelajaran, STEAM, Media, Loose Part

Abstract

Permasalahan pembelajaran dalam menghasilkan peserta didik yang kreatif masih sangat terbatas terutama di PAUD. Permasalahan itu terlihat dari capaian perkembangan anak ketika proses pembelajaran berlangsung, anak masih memiliki kemampuan komunikasi rendah serta mengemukakan pendapat dari hasil berkelompok atau berkolaborasi masih rendah. Faktor yang mengakibatkan tidak lain masih adanya dominan peran guru dalam pembelajaran dan membatasi kreativitas anak dengan menyediakan media pembelajaran kurang bervariatif karena menggunakan lembar kegiatan yang tersedia di sekolah saja. Pemilihan model pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic) dengan menggunakan media loose parts dipilih dengan alasan agar selaras dengan pendidikan abad 21 dimana keterampilan berpikir kritis, kreatif, bekerjasama dan berkomunikasi terasah dengan bermain.

References

Alviani, & Gracelia. 2020. Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini ISSN: 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print). DOI: 10.31004/obsesi.v4i2.287

Amini, & Mukti. 2014. Hakikat Anak Usia Dini, Modul 1 PAUD 4306 Pengembangan Anak Usia Dini (pp. 14-18). Jakarta : Dirjen PAUD.

Artobratama, & Irman. 2018. Pembelajaran STEM Berbasis Outbound Permainan Tradisional. Indonesian Journal of Primary Education., vol.2, no.2, (pp. 40-43). Bandung : IJPE.

Ata Aktürk, A., Demircan, H. özlen, Şenyurt, E., & Çetin, M. 2017. Turkish early childhood education curriculum from the perspective of STEM education: A document analysis. Journal of Turkish Science Education, 14(4).

B.Gonzales, H., & J.Kuenzi, J. 2012. CRS Report for Congress Specialist in Education Policy. Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) Education: A Primer.

Gull, C., Bogunovich, J., Goldstein, S.L, & Rosengarten, T. 2019. Definitions of loose parts in ealry childhood outdoor classrooms a Scoping Review. The International Journ al of

Haughey, S., & Hill, N. 2017. A Start Up Guide Loose Parts : A Start-Up Guide. 1–27. www.fairydustteaching.com

Helista, C.N. 2019. “STEAM”, PGPAUD Universitas Negeri Semarang, 19 Juni. 2019 [Online]. Tersedia : http://pgpaud.unnes.ac.id/seminar-nasional-tiga-pakar-bedah-steamuntuk-anak-usia-dini

Imaduddin, M. 2017. Menderai Ulang Pembelajaran Sains Anak Usia Dini yang Konstruktif Melalui STEAM Project-Best Learning yang Bernuansa Islami. Dalam Proceedings ANCOMS

Jackman, H.L. 2009. Early Education Curriculum A Child’s Connection to the World Fourth Edition. USA: WADSWORTH CENGAGE Learning.

Kiewra, C., & Veselack, E. 2016. Playing with Nature: Supporting Preschoolers’ Creativity in Natural Outdoor Classrooms. International Journal of Early Childhood Environmental Education.

Krogh, S.L & Slentz, K.L. 2008. The Early Childhood Curriculum. . New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Nugraheni, & Dewi, K. 2019. Penguatan Pendidikan Bagi Generasi Alfa Melalui Pembelajaran STEAM Berbasis Losse Parts Pada PAUD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran “Reorientasi Profesionalisme Pendidik dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0” ISBN: 978-602-0791-28-9

Permanasari, A. 2016. STEM Education: Inovasi dalam pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains Dan Kompetensi Guru Melalui Penelitian & Pengembangan Dalam menghadapai Tantangan Abad -21, Surakarta, 22 Oktober 2016.

Siantajani,Y. 2020. Loose Parts. Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD. Semarang; PT sarang Seratus Aksara.

Sudono, A. 2010. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo.

Tippett, C. D., & Milford, T. M. 2017. Findings from a Prekindergarten Classroom: Making the Case for STEM in Early Childhood Education. International Journal of Science and Mathematics Education,

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

ANIK LUTFIYAH, & Ahmad Aly Syukron. (2022). Model Pembelajaran Steam Dengan Media Loose Parts Untuk Anak Usia Dini. Amaliyatu Tadris (AMYTA), 1(1), 1–15. Retrieved from https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/amyta/article/view/33

Issue

Section

Articles