Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Bahasa Arab

Authors

  • Ida Zulia Maksunah Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto
  • Achmad Fandi Bastian Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto

Keywords:

keterampilan guru, pengelolaan kelas, pembelajaran bahasa arab

Abstract

Kegiatan guru di kelas meliputi dua hal pokok, yaitu mengajar dan mengelola kelas. Kegiatan mengajar secara langsung dimaksudkan untuk mengintensifkan siswa mencapai tujuan seperti mempelajari kebutuhan siswa, menyusun RPP, menyajikan bahan ajar kepada siswa, mengajukan pertanyaan kepada siswa, menilai kemajuan siswa adalah contoh-contoh kegiatan mengajar. Mengelola kegiatan kelas dimaksudkan untuk menciptakan dan memelihara suasana (kondisi) agar kegiatan belajar mengajar di kelas itu dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Memberi imbalan dengan efek langsung, mengembangkan hubungan yang baik antara guru dan siswa, mengembangkan aturan main dalam kegiatan kelompok adalah contoh kegiatan mengelola kelas. Kegagalan seseorang mencapai tujuan pembelajaran guru berbanding lurus dengan ketidakmampuan guru mengelola kelas. Indikator kegagalan berupa prestasi belajar siswa yang rendah, tidak sesuai dengan standar atau batas ukuran yang ditentukan. Oleh karena itu, pengelolaan kelas merupakan kompetensi guru yang sangat penting

References

Arikunto, Suharsimi. 1986. Pengelolaan Kelas Dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluative. Jakarta: Rajawali.

Bintangbangsaku. 2015. Standar Proses - Permendiknas No. 41 Tahun 2007 (Online),http://www.bintangbangsaku.com/artikel/standar-proses permendiknas-no-41-tahun-2007. Diakses Pada Tanggal 20 Febuari

Diana Widyarani. 2011. Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Pembelajaran Efektif Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Al-Mubarak Pondok Aren Tanggerang Selatan. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Program Sarjana UIN Syarif Hidayatullah.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. rineka cipta.

Esti Sri dan Wuryani Djiwandono, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PT. Gramedia, 2006),Hal: 262.

Fathurohman, Pupuh. 2007. Strategi Belajar Mengajar, Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Penanaman Konsep Umum Dan Konsep Islami. Bandung: PT. Rineka Aditama.

Karwati, Euis dan Priansa, Donni Juni. Manajemen Kelas: Classroom

Management: Guru Profesional yang Inspiratif, Kreatif, Menyenangkan, dan Berprestasi, Bandung: Alfabeta, 2015.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sabri, Ahmad. 2010. Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching. Ciputat: PT. Ciputat Press.

Semiawan, Conny, dkk. Pendekatan Keterampilan Proses, Jakarta: Gramedia,

Usman User, Menjadi Guru Professional, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009)

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Maksunah, I. Z., & Bastian, A. F. (2022). Keterampilan Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Bahasa Arab. Amaliyatu Tadris (AMYTA), 1(1), 118–134. Retrieved from https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/amyta/article/view/148

Issue

Section

Articles