Penerapan Edupreneurship di Tingkat Sekolah Dasar: Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Indonesia

Authors

  • Nurul Hasanah Institut Agama Islam Uluwiyah Mojokerto

Keywords:

Edupreneurship, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

                                                                                                                                                                ABSTRAK

            Edupreneurship yang disebut juga dengan istilah Pendidikan kewirausahaan berperan penting dalam membentuk peserta didik yang utuh, artinya peserta didik yang berkarakter dan memiliki ketrampilan sebagai wirausaha. Di tengah era milenial ini, sudah seharusnya di tingkat sekolah diajarkan untuk memiliki jiwa entrepreneur sejak kecil agar dapat menghadapi persaingan ekonomi yang sangat ketat. Oleh karena itu, diperlukan penerapan edupreneurship sejak di sekolah dasar, salah satunya sejak di tingkat Madrasah Ibtidaiyah. Adanya perpaduan pendidikan pesantren dan sekolah umum dapat menjadi peluang peserta didik di tingkat Madrasah Ibtidaiyah untuk lebih kreatif dan memiliki jiwa wirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi literatur tentang konsep Edupreneurship di tingkat MI di Indonesia. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan Edupreneurship dapat melalui pembelajaran sehari-hari secara terintegrasi dalam pelajaran tematik yang disertai dengan metode modelling, yaitu guru bercerita tentang orang-orang yang sukses dalam bisnisnya, 2) pada saat kegiatan literasi diberikan bacaan tentang entrepreneurship, 3) pemberian tugas membuat produk maupun karya, hasilnya ditunjukkan di kelas dan dipasarkan, dan 4) mengadakan event Market Day setiap satu bulan sekali untuk mewadahi kegiatan marketing di lingkungan sekolah.

Keywords— Edupreneurship, Madrasah Ibtidaiyah

Downloads

Published

2023-04-04

How to Cite

Nurul Hasanah. (2023). Penerapan Edupreneurship di Tingkat Sekolah Dasar: Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Indonesia. Al KAYYIS, 5(1). Retrieved from https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/al-kayyis/article/view/93