PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA PADA PELAJARAN TEMATIK

Authors

  • beny arihakam

Abstract

Abstrak: 

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui penerapan media audio visual dalam meningkatkan hasil belajar. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pelajaran tematik.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan pada semester II tahun pelajaran 2022/2023 dalam dua siklus dengan tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIMI Thoriqul Huda Randuharjo Pungging yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Tematik Bahasa. Hasil belajar saat pra siklus rata-rata adalah 65,22, untuk ketuntasan ada 6 siswa atau 27% dan belum tuntas ada 16 siswa atau 63%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 70 pada siklus I diperoleh peningkatan hasil rata-rata kelas 72,13, ketuntasan ada 11 siswa atau 50% dan belum tuntas 11 siswa atau 50% berarti ada kenaikan nilai rata-rata pra siklus ke siklus satu sebesar 23%. Sedangkan siklus II hasilnya mengalami kenaikan lagi yaitu rata-rata kelas meningkat menjadi 85,6 dan ketuntasan ada 20 siswa atau 90% dan belum tuntas ada 2 siswa atau 10% , dengan demikian ada kenaikan rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 30%.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Audio Visual

Downloads

Published

2022-03-21

How to Cite

beny arihakam. (2022). PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA PADA PELAJARAN TEMATIK . Al KAYYIS, 5(1), 1–9. Retrieved from https://ejournal.uluwiyah.ac.id/index.php/al-kayyis/article/view/125